Kompas TV nasional rumah pemilu

Presiden Makan Bareng dengan Prabowo, Ganjar: Bagus, Makin Kelihatan Dukungan Pak Jokowi ke Mana

Kompas.tv - 30 Januari 2024, 05:45 WIB
presiden-makan-bareng-dengan-prabowo-ganjar-bagus-makin-kelihatan-dukungan-pak-jokowi-ke-mana
Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo usai acara kampanye akbar di Alun-Alun Wates, Kulon Progo, Minggu (28/1/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

AMBON, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menilai bahwa makan bersama antara Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi dengan Prabowo Subianto semakin menunjukkan arah dukungan sang presiden.

Ganjar mengaku menghormati pilihan Jokowi dan berharap ayah Gibran Rakabuming Raka itu tegas dalam dukung mendukung.

Jokowi diketahui makan bakso bersama capres nomor urut 2, Prabowo Subianto usai peresmian graha Akademi Militer Magelang, Senin (29/1/2024). Jokowi sebelumnya juga makan bersama Prabowo yang juga Menteri Pertahanan itu pada 5 Januari lalu jelang debat capres.

Baca Juga: Jokowi Makan Bakso dengan Prabowo, Bawaslu: Sulit Mengawasi Simbol

Ganjar menilai bahwa makan bersama Jokowi dan Prabowo sebagai simbol terkait dukungan sang presiden. Namun, mantan gubernur Jawa Tengah itu juga bersepakat bahwa tindakan Jokowi masih multitafsir.

"Saya kira itu simbol yang makin meyakinkan dukungan Pak Jokowi ke mana, dan buat kami makin bagus apalagi kalau ada statement terbuka sehingga nanti tidak ada intepretasi lain dan kami sangat menghormati itu," kata Ganjar usai berkampanye di Ambon, Maluku, Senin (29/1), dikutip dari tayangan Kompas Petang di KompasTV.

Meskipun di atas kertas bukan kampanye, kedekatan Jokowi dan Prabowo di tengah kontestasi politik sulit ditampik. Ganjar pun berharap Jokowi segera menyatakan sikap agar tindakannya tidak dinilai bias.

"Kadang-kadang menjadi bias, mana fakta, mana regulasi. Nanti pasti akan ada orang yang bertanya soal ini. Cutikah saudara? Begitu," kata Ganjar.

"Nanti yang lain akan menjawab bahwa ini bukan kampanye. Makanya antara fakta dan aturan kadang-kadang ini lah yang menjadi perdebatan hari ini," lanjutnya.

Jokowi sendiri mengaku sebatas mengobrol ringan saat makan bersama Prabowo. Mantan Walikota Surakarta itu pun enggan berkomentar lebih jauh mengenai manuver politiknya.

"Ya ini kan tadi, ini kan baru saja saya dengan Pak Prabowo meresmikan Graha Utama di Akademi Militer Magelang. Setelah itu makan bakso, sudah," kata Jokowi.

Baca Juga: Cak Imin Gandeng Tom Lembong Hadapi Luhut: Kita Mau Adu Data


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x