Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Tegaskan Format Debat Keempat Pilpres 2024 Tidak Berubah, Bakal Bekali LO dengan HT

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 08:22 WIB
kpu-tegaskan-format-debat-keempat-pilpres-2024-tidak-berubah-bakal-bekali-lo-dengan-ht
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz saat menyampaikan keterangan di Jakarta, Minggu (14/1/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menegaskan bahwa tidak ada perubahan pada format debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang akan digelar Minggu (21/1/2024).

Hal itu disampaikan oleh anggota KPU RI August Mellaz kepada wartawan, Senin (15/1/2024). Menurutnya, dari sisi waktu maupun segmentasi debat, sama sekali tidak ada perubahan.

“Kalau dari sisi waktu, 150 menit, kemudian debatnya 120 menit, 30 menitnya untuk jeda iklan, tidak mengalami perubahan. Segmen debat juga ada enam segmen, tidak mengalami perubahan,” tuturnya, dikutip dari video Kompas TV.

“Jadi kalau ditanya formatnya apakah ada perubahan, apakah itu yang dimaksud format? Kalau itu yang dimaksud, tidak mengalami perubahan,” tegasnya.

Baca Juga: Catat! Debat Cawapres Digelar Minggu 21 Januari 2024

Lokasi debat juga rencananya tetap dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), karena secara teknis sangat membantu tim penyelenggara debat.

“Jadi kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena availability-nya tersedia, kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim paslon (pasangan calon) sangat familiar dengan tempat itu,” ujar Mellaz, dikutip Kompas.com.

Mellaz juga menjelaskan bahwa KPU dan tim pasangan calon (paslon) sudah menyepakati untuk melakukan mitigasi terkait perilaku pendukung maupun penonton debat.

Nantinya, dua naradamping atau liason officer (LO) tiap paslon bakal dibekali dengan handy talky (HT) yang terhubung langsung dengan tim debat dari KPU.

“Kalau untuk debat keempat, akhirnya kita sepakati nanti tata letak atau posisinya dari LO full access itu akan dekat dengan kami,” kata Mellaz.

“Ditempatkan di bangku tersendiri sehingga bisa bersama-sama lakukan observasi forum, bisa bersama-sama langsung koordinasi,” ujarnya lagi.


Nantinya, debat keempat Pilpres yang beragendakan debat calon wakil presiden (cawapres) bakal berlangsung pada Minggu, 21 Januari 2024.

Baca Juga: Anies Mentori Muhaimin, Gibran Ikuti apapun Format Debat, Mahfud Tak Pakai Strategi

Debat tersebut bakal diikuti oleh ketiga cawapres, yakni cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Tema yang diangkat dalam debat tersebut adalah terkait energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

 

 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x