Kompas TV nasional rumah pemilu

Hasto PDIP Sebut Telur Lebih Sehat daripada Susu, TKN: Itu Ada dalam Menu Makan Siang Gratis Kami

Kompas.tv - 15 Januari 2024, 11:55 WIB
hasto-pdip-sebut-telur-lebih-sehat-daripada-susu-tkn-itu-ada-dalam-menu-makan-siang-gratis-kami
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto bagi-bagi telur dan menyapa masyarakat di kawasan Rumah Susun Tanah Tinggi, Senen, Jakarta, Minggu (14/1/2024). (Sumber: ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto berpendapat program bagi-bagi telur lebih baik daripada bagi-bagi susu yang disebutnya mengandung glukosa.

Hal itu disampaikan Hasto saat blusukan dan menyapa warga yang tinggal di Rusun Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024).

Di lokasi itu, Hasto membagikan telur dan menanam pohon bersama warga. Ia juga sempat membandingkan program bagi-bagi telur itu dengan program makan siang dan susu gratis yang diusung pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kami memberikan telur. Karena ini secara empiris, menurut para ahli gizi, telur kaya dengan protein. Ini sangat bagus untuk, tidak hanya mencegah stunting, tetapi juga di dalam pertumbuhan kecerdasan anak-anak kita," kata Hasto, dikutip dari tayangan Sapa Indonesia Malam Kompas TV.

Baca Juga: Respons Pernyataan TKN Soal Prabowo Unggul, Hasto: Unggul Segi Emosi

Dia juga menyebut, dari sudut pandang kesehatan, anggaran, ataupun kedaulatan pangan, program pembagian telur lebih baik dibandingkan susu gratis.

"Telur ini diproduksi oleh rakyat Indonesia, bukan impor. Kalau Prabowo-Gibran, susunya impor. Bahkan ada dari Australi, bahkan mengandung glukosa yang tidak baik bagi pertumbuhan anak-anak," kata Hasto.

Dilansir Kompas.id, Hasto yang merupakan Sekretaris Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga menjelaskan, 21 program kerakyatan yang diusung pasangan capres-cawapres nomor urut 3 itu berfokus pada kesejahteraan.

Program pembagian telur tersebut, kata dia, nantinya akan diintegrasikan dalam program KTP Sakti (Satu Kartu Terpadu Indonesia) yang masuk dalam 21 program prioritas.

Respons TKN Prabowo-Gibran

Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran, M Arief Rosyid Hasan, mengatakan program makan siang dan susu gratis yang diusung Prabowo-Gibran memiliki potensi ekonomi dan kesehatan yang bernilai tinggi, serta bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga: Pengancam Anies di Instagram Menyerahkan Diri usai Diburu Polda Kaltim

Dengan makan siang dan susu gratis, kata dia, akan memastikan gizi anak-anak terpenuhi.

Selain itu, lanjutnya, akan membuka lapangan kerja baru dan para pelaku usaha mikro kecil menengah, khususnya di bidang kuliner, akan mendapatkan manfaat ekonomi.

”Jadi, potensi ekonominya tinggi, potensi sehatnya juga akan ada sehingga Indonesia emas, Indonesia maju (terwujud) bukan sekadar di awang-awang. Memang ini menyentuh persoalan yang kita hadapi,” kata Arief.

Adapun Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Juri Ardiantoro, mengatakan sebenarnya telur juga bagian dari menu program makan siang gratis yang diusung Prabowo-Gibran.

"Jadi telur gratis, daging gratis, ikan gratis, ayam gratis, adalah bagian dari menu makan siang anak-anak sekolah yang menjadi programnya Pak Prabowo," katanya, Minggu, dikutip dari tayangan Sapa Indonesia Malam Kompas TV.


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x