Kompas TV nasional peristiwa

KAI Daop 8 Beri Kompensasi Penumpang Terdampak Anjloknya KA Pandalungan

Kompas.tv - 14 Januari 2024, 18:40 WIB
kai-daop-8-beri-kompensasi-penumpang-terdampak-anjloknya-ka-pandalungan
Warga berkumpul di lokasi anjloknya KA Pandalungan di emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (14/1/2024). (Sumber: Kompas/Bahana Patria Gupta)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

SURABAYA, KOMPAS.TV- Proses evakuasi sarana dan perbaikan prasarana di lokasi anjloknya Kereta Api (KA) Pandalungan di dekat Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur saat ini masih berlangsung.

Beberapa KA jarak jauh dengan tujuan Surabaya dan Bangil mengalami perubahan pola operasi perjalanan KA.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, sebagai kompensasi bagi pelanggan KAI telah memberikan Service Recovery atau kompensasi sesuai aturan yang berlaku. 

Mulai dari pemberian camilan makanan dan minuman, pembatalan tiket 100% di luar bea pesan hingga H+7, hingga pelanggan yang dialihkan perjalanannya menggunakan moda transportasi bus atau KA lainnya.

"Para calon pelanggan yang mengalami dampak gangguan operasional ini telah diberitahukan adanya perubahan pola operasi tersebut melalui WhatsApp blast," kata Luqman dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/1/2024).

Baca Juga: Terbaru! Proses Evakuasi KA Pandalungan di Sidoarjo Berlangsung, Tim Penolong Diterjunkan

Luqman Arif menyebutkan, berdasarkan data sampai dengan pukul 17.00 WIB tercatat sebanyak 933 penumpang telah membatalkan tiket perjalanan KA.

Dengan rincian pembatalan tiket dari Stasiun Bangil 28 pelanggan, Stasiun Malang 126 pelanggan, Stasiun Mojokerto 76 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasar Turi 34 pelanggan, Stasiun Sidoarjo 154 pelanggan, Stasiun Surabaya Gubeng 394 pelanggan, dan Stasiun Wonokromo 121 pelanggan.

Hingga Minggu sore, KAI Daop 8 Surabaya masih memberlakukan perubahan pola operasi bagi KA jarak jauh tujuan Surabaya dan Bangil.

Baca Juga: Cara Batalkan Tiket Kereta Api Lewat Aplikasi Access by KAI

KAI Daop 8 Surabaya memberikan kompensasi atau service recovery bagi pelanggan KAI yang terdampak anjloknya KA Pandalungan di Sidoarjo. Mulai dari pemberian camilan makanan dan minuman, pembatalan tiket 100% di luar bea pesan hingga H+7, hingga pelanggan yang dialihkan perjalanannya menggunakan moda transportasi bus atau KA lainnya. (Sumber: KAI Daop 8)

Berikut adalah KA yang memutar dari Stasiun Bangil lewat Malang dan Kertonosono:

- KA Ranggajati (115) relasi Jember - Surabaya Gubeng - Cirebon

- KA Logawa (211) relasi Jember - Surabaya Gubeng - Purwokerto

- KA Sritanjung (241) relasi Ketapang - Surabaya Gubeng - Lempuyangan

- KA Jayabaya (107) relasi Malang - Surabaya Gubeng - Pasarturi - Pasarsenen

- KA Wijaya Kusuma (117) relasi Ketapang - Surabaya Gubeng - Cilacap

- KA Pandalungan (77f) relasi Jember - Surabay Gubeng - Pasarturi - Gambir.

"Pelanggan dengan tujuan Surabaya, nantinya akan diantar menggunakan bus sebagai pengganti hingga tujuan," ujarnya. 

Baca Juga: Cerita Kondektur KA Turangga saat Tabrakan Kereta Terjadi, Evakuasi Penumpang meski Tulang Patah

Terkait nformasi lebih lanjut seputar perjalanan KA, pada dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x