Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Beri Waktu PSI sampai Besok untuk Perbaiki Laporan Awal Dana Kampanye

Kompas.tv - 11 Januari 2024, 18:01 WIB
kpu-beri-waktu-psi-sampai-besok-untuk-perbaiki-laporan-awal-dana-kampanye
Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU RI Idham Kholid di Kantor KPU, Jakarta pada Rabu (29/11/2023). (Sumber: Kompas TV/Bongga Wangga)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi tenggat waktu hingga besok, Jumat (12/1/2024), kepada Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk memperbaiki laporan awal dana kampanye (LADK).

Penjelasan itu disampaikan oleh Komisioner KPU RI Idham Kholik saat diitemui jurnalis Kompas TV, Ursula Putri dan Riki, di kantor KPU, Kamis (11/1/2024).

Idham mengatakan, pihaknya telah menerima dokumen LADK yang disampaikan oleh PSI, dan saat ini merupakan masa perbaikan LADK tersebut.

“Setelah kami menerima dokumen LADK yang disampaikan oleh PSI, kami juga mengkonfirmasi dan saat ini adalah masa perbaikan mereka sampai 12 Januari 2024,” tuturnya.

Baca Juga: KPK Dalami Dugaan Dana Kampanye Pemilu 2024 Berasal dari Tambang Ilegal

Menurut informasi yang diterima oleh KPU, lanjut Idham, PSI akan segera memperbaiki LADK sampai masa perbaikan berakhir besok.

“Informasi yang kami terima, PSI akan memperbaiki LADK-nya.”

Nantinya, jika hingga batas akhir perbaikan pada 12 Januari 2024 masih ada calon anggota legislatif (caleg) yang tidak menyampaikan laporan akhir, KPU akan menganggap caleg tersebut tidak mau melaporkan LADK.

“Kami yakin masyarakat Indonesia semakin sadar tentang etik kampanye yang transparan,” kata Idham.

Sebelumnya, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengatakan ada kesalahan dalam memasukkan data atau input jumlah angka dalam laporan dana kampanye partainya yang hanya Rp180 ribu.

"Oh yang 180.000, itu salah input nanti dibenerin. Nanti bendahara umum yang akan menginfokan," ucap Kaesang di Kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (10/1/2024), dikutip Kompas.com.

Kaesang menambahkan, seharusnya jumlah yang dimasukkan ke data LADK berkisar miliran rupiah, namun ia mengaku tidak hapal nominal pastinya.

Ia juga mengaku sudah meminta Bendahara Umum PSI untuk merevisi angka tersebut.

"Pokoknya kami akan melaporkan, yang kemarin salah, ini baru kemarin malam, baru kemarin malam, saya lagi, minta untuk benerin semua," ucap dia.

"Hari ini insyaallah sudah selesai. Insyaallah sudah selesai kan revisinya maksimal hari Jumat. Nanti akan ada revisi," imbuh Kaesang.

Baca Juga: Ibu Mertua Kaesang Gelar Doa Kemenangan Prabowo-Gibran

Terpisah, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan laporan dana kampanye partainya memang masih belum final.

“Sekali lagi, laporan belum final, kami masih melakukan pendataan. Data yang ada di KPU adalah dokumen yang belum selesai dan masih akan terus berkembang,” ujar Grace.


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x