Kompas TV nasional politik

Wapres Ingatkan PDI-P: Siapa pun yang Menang Harus Dihormati, yang Tidak Menang harus Dirangkul

Kompas.tv - 10 Januari 2024, 14:53 WIB
wapres-ingatkan-pdi-p-siapa-pun-yang-menang-harus-dihormati-yang-tidak-menang-harus-dirangkul
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin saat memberi sambutan di acara HUT ke-51 PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta agar PDI-P sebagai salah satu partai besar di Indonesia dapat mengawal dan mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan berkualitas. 

Hal itu disampaikan Wapres Ma'ruf saat sambutannya di perayaan HUT ke-51 PDI Perjuangan (PDI-P) di Sekolah Partai di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024). 

Wapres mengingatkan tahun ini menjadi titik penting dalam perjalanan demokrasi Indonesia. Dalam hal ini peran partai politik menjadi krusial.

Semua berharap agar pemilu 2024 berlangsung sukses. Hal ini bisa dicapai bila Pemilu diselenggarakan dengan cara yang demokratis. 

Rakyat Indonesia berhak mendapatkan gagasan kebangsaan dan program kemajuan bangsa di tengah tantangan dunia yang tidak mudah dan Pemilu 2024 menjadi tonggak penting yang mengantarkan Indonesia Emas 2045. 

Baca Juga: Pesan Megawati pada TNI dan Polisi: Netral! Awas Ya Kalau Tidak

Untuk itu pemimpin yang terpilih nanti harus negarawan, mengerti persoalan kebangsaan, visioner, dan mampu memimpin komponen bangsa agar Indonesia menjadi negara maju, sejahtera dan disegani negara di dunia.

"Siapa pun yang memenangkan Pemilu adalah pemimpin yang terbaik berdasarkan pilihan rakyat Indonesia, untuk itu mari sama-sama kita dukung dan hormati," ujar Ma'ruf Amin.  

Wapres juga berpesan merawat demokrasi harus dilakukan terus, bukan setelah Pemilu selesai. Hal ini merupakan tugas semua elemen bangsa, termasuk PDI-P sebagai partai politik. 

"Perlu diingat sebagian suara rakyat Indonesia ada di pihak yang tidak memenangkan pemilu namun mereka tetap rakyat indonesia yang harus dirangkul dan ayomi," ujar Wapres. 

Lebih lanjut Wapres menyatakan sangat menghormati PDI-P karena sejak berdiri sudah memberikan perhatian penuh untuk kemajuan bangsa dan negara.

Baca Juga: Beda Jokowi dan Ma'ruf Amin Komentari Soal Debat Ketiga Capres-cawapres

Wapres menilai Indonesia membutuhkan partai politik yang kuat, sebagai aset bangsa dalam meneguhkan demokrasi, memperkuat kesetaraan dan memperjuangkan keadilan. 

Wapres menjelaskan partai mempunyai peran pemersatu bangsa di tengah kebhinekaan. Hal ini sebagai konsekuensi dari sistem demokrasi yang sudah dipilih sebagai jalan menuju kesejahteraan dan membangunnya di atas kemajukan. 

PDI-P sebagai salah satu partai politik besar di Indonesia telah berhasil menghadapi dinamika dan tantangan. Keberhasilan ini diyakini memberi dampak positif dalam memperkukuh politik di tanah air. 

"Kehadiran partai yang besar dan kuat merupakan keniscayaan dalam membangun negara Indonesia yang maju ke depan," ujar Wapres Ma'ruf. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x