Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Kasih Nilai 11 dari 100, Ganjar Beri Skor 5 Untuk Sektor Pertahanan, Ini Alasannya

Kompas.tv - 7 Januari 2024, 23:05 WIB
anies-kasih-nilai-11-dari-100-ganjar-beri-skor-5-untuk-sektor-pertahanan-ini-alasannya
Capres nomor urut satu saat Anies Baswedan (kanan) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. Ganjar memberi skor lima sektor pertahanan yang kini dipimpin oleh Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut dua Prabowo Subianto. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden atau Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo memberi skor lima untuk sektor pertahanan yang kini dipimpin oleh Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut dua Prabowo Subianto.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar kala ditanya capres nomor urut satu Anies Baswedan dalam debat ketiga Pilpres 2024 yang diadakan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam.

Mulanya Anies meminta Ganjar untuk memberikan nilai terhadap sektor pertahanan, mengingat sebelumnya Eks Gubernur Jawa Tengah itu sempat memberi nilai lima pada sektor penegakan hukum.

"Pak Ganjar pertanyaan ini terkait dengan kinerja Kementerian Pertahanan, di sisi lain Bapak juga pernah beri penilaian 5 kinerja hukum Indonesia, pertanyaan terkait pertahanan berapa skor yang bapak berikan atas kinerja Kemhan yang dipimpin Bapak Prabowo?" kata Anies ke Ganjar.

"Sama (skor) lima juga," jawab Ganjar ke Anies, dikutip dari tayangan Live KompasTV.

Ganjar lantas menyampaikan paparan datanya sehingga bisa menilai 5 untuk skor pertahanan Indonesia pimpinan Prabowo.

Pertama, dia menyoroti perencanaan penguatan sistem pertahanan yang belum kokoh karena dinilai sering gonta-ganti. Ia pun menilai hal itu seharusnya konsisten.

Kedua, lanjut Ganjar, perbaikan di sektor pertahanan harus mendengarkan seluruh matra, sehingga seluruh proses perencanaannya harus bottom up.

Baca Juga: Ganjar Minta Prabowo Jelaskan soal Beli Pesawat Bekas: Kasihan Prajurit, Itu Sangat Berbahaya

Lebih lanjut, Ganjar menilai kritik dirinya bukan masalah personal, tapi demi kepeduliannya pada pertahanan Indonesia.

"Situasi seperti ini tentu tidak mengenakan tapi ini harus kita buka untuk perbaikan bangsa," tegasnya.

"Kritik itu menyehatkan tidak ada kok rasa dengki di hati saya, yang ada adalah bagaimana cinta tanah air ini mesti kita wujudkan agar kemudian kita betul2 menjadi negara kuat dibanyak area, dan kita berbicara di dunia internasional disegani " sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga turut menanyakan hal yang sama kepada Anies, yakni terkait skor sektor pertahanan Indonesia.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu kemudian memberikan nilai 11 dari 100 untuk sektor pertahanan.

"Mas Anies enggak usah takut sebut saja angka berapa gitu loh kaya saya, jangan dibawah lima, sebut aja berapa ," kata Ganjar.

"11 dari 100," jawab Anies.

Baca Juga: Ditanya soal Etika, Prabowo Bilang Anies Tak Pantas Bicara Etik karena Beri Contoh yang Tidak Baik


 



 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x