Kompas TV nasional rumah pemilu

Jokowi Bertemu Prabowo dan Airlangga, Ganjar Khawatirkan Penyalahgunaan Wewenang untuk Pilpres 2024

Kompas.tv - 6 Januari 2024, 23:05 WIB
jokowi-bertemu-prabowo-dan-airlangga-ganjar-khawatirkan-penyalahgunaan-wewenang-untuk-pilpres-2024
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat menghadiri sebuah acara di kawasan Cakung, Jakarta, Sabtu (6/1/2024). (Sumber: Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku khawatir dengan adanya potensi penyalahgunaan wewenang pemerintah di Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Ganjar mengungkapkan hal itu saat menanggapi tentang pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Menteri Pertahanan sekaligus Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto serta Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Kekhawatiran kami adalah ketika semua menyalahgunakan, penyalahgunaan kewenangan terjadi. Ketika penyalahgunaan kewenangan itu terjadi, maka pada saat itu mencederai rakyat," kata Ganjar di kawasan Cakung, Jakarta, Sabtu (6/1/2023).

Oleh karena itu, kata Ganjar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus berani menegakkan aturan.

"Maka kontrolnya mesti bagus ya, Bawaslu enggak boleh takut, ya," kata Capres yang diusung koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Baca Juga: Truk Pengangkut 400 Ribu Lembar Surat Suara Pemilu 2024 Terguling di Semarang

Ganjar juga mengaku selalu mengingatkan pendukungnya dan calon wakil presiden (Cawapres) Mahfud MD untuk mematuhi hukum dan aturan yang berlaku.

"Tetapi kami sendiri, kayak saya, Pak Mahfud, juga selalu mengingatkan pendukung kita, baik dari partai maupun relawan agar semua juga taat hukum, taat aturan seperti yang saya sampaikan di sini tadi," ujarnya.

Ia juga menyoroti adanya masalah etika politik terkait kontestasi Pilpres 2024 ini.

"Iya, memang kita punya problem etika gitu kan. Karena ada yang tidak setuju dengan etika," kata Ganjar sembari tertawa, dilansir dari Antara.


Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa Presiden Jokowi makan malam ditemani Menhan Prabowo Subianto di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (5/1) malam.

"Malam ini, Bapak Presiden rileks sejenak mencoba masakan Nusantara di Rumah Makan Seribu Rasa Menteng. Saat makan malam, Presiden didampingi Menhan Bapak Prabowo Subianto," kata Ari dalam pesan singkat di Jakarta, Jumat (5/1).

Baca Juga: Jokowi Tak Hadiri HUT PDIP, Adi Prayitno: Penegas PDIP-Jokowi Sudah Talak 3

Sementara pada Sabtu pagi, Presiden Jokowi berolahraga dan sarapan bersama dengan salah satu ketua umum partai koalisi Prabowo-Gibran, Airlangga Hartarto serta jajaran pengurus partai beringin itu di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan foto dan video yang diterima di Jakarta, Sabtu, tampak Presiden mengajak Airlangga berolahraga berdua menyusuri Kebun Raya Bogor, lalu keduanya juga sarapan bersama dengan sejumlah pengurus Partai Golkar.

Menurut Airlangga, dirinya bersama Presiden Jokowi sempat membahas soal Pilpres 2024.

"Kalau pembicaraan ya ada, tapi apa yang dibicarakan (itu) rahasia," kata Airlangga kepada wartawan, Sabtu (6/1) dikutip dari video Kompas TV.



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x