Kompas TV nasional humaniora

Rekruitmen CPNS 2024 Terbuka untuk Fresh Graduate, Ada 690 Ribu Formasi

Kompas.tv - 6 Januari 2024, 05:30 WIB
rekruitmen-cpns-2024-terbuka-untuk-fresh-graduate-ada-690-ribu-formasi
Foto arsip. Penyerahan SK PPPK Guru Rokah Hilih 2022. Berikut jadwal pengumuman kelulusan PPPK Guru dan Kesehatan 2023 (Sumber: bkd.riau.go.id)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 terbuka untuk fresh graduate.

"Pemerintah memberikan kesempatan kepada para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi CPNS tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang," kata Jokowi saat jumpa pers di Istana Negara di Jakarta, Jumat (5/1/2023).

Formasi tersebut terbagi ke dalam 207 ribu di instansi pusat dan 483 ribu instansi daerah.

"Menghadapi disrupsi teknologi yang sangat pesat, Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, dan mendorong peningkatan kinerja, serta akuntabilitas pemerintah," jelasnya.

Pemerintah, kata Presiden, juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Baca Juga: Presiden Umumkan Rekrutmen CASN 2024 Segera Dibuka, Ada 2,3 Juta Formasi

"Di mana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1.600.000 formasi yang belum diangkat sebagai PPPK," ungkap Presiden. 

"Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan," sambungnya. 

Sehingga, tahun ini pemerintah akan membuka rekrutmen CASN sebanyak 2,3 juta formasi.

"Melalui kesempatan ini, saya mengundang saudara-saudara talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen CASN Tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik," kata Jokowi.

Baca Juga: Jawab Istana soal Klaim TKN Sebut Jokowi Dukung Prabowo-Gibran


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x