Kompas TV nasional peristiwa

22 Korban Luka Tabrakan KA Turangga vs KA Bandung Raya Dilarikan ke 3 RS Terdekat

Kompas.tv - 5 Januari 2024, 12:05 WIB
22-korban-luka-tabrakan-ka-turangga-vs-ka-bandung-raya-dilarikan-ke-3-rs-terdekat
Tim penyelamat mengecek puing-puing gerbong kereta usai terjadi tabrakan antara KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024) pagi. (Sumber: AP Photo/Abdan Syakura)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG, KOMPAS.TV - Sebanyak 22 penumpang yang menjadi korban luka dalam tabrakan kecelakaan adu banteng antara KA Turangga dan KA Commuterline Bandung Raya telah dievakuasi ke tiga rumah sakit terdekat.

VP Public Relation PT KAI Joni Martinus mengatakan bahwa KA Turangga membawa 287 orang penumpang, sedangkan KA Commuterline Bandung Raya membawa 191 orang penumpang.

Sebanyak 22 penumpang mengalami luka ringan. 18 orang dilarikan ke RSUD Cicalengka, dua orang dilarikan ke RS Edelweis, sedangkan dua orang lainnya ke RS AMC.

Baca Juga: Dua Korban Tabrakan Kereta Masih Terjepit, Tim SAR Buka Opsi Potong Besi Gerbong untuk Evakuasi

Adapun penumpang yang selamat langsung dibawa ke stasiun terdekat untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi yang telah disediakan KAI.

Sementara itu, EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji menyampaikan belasungkawa terhadap korban tewas dalam kecelakaan kereta ini.

Korban jiwa dalam insiden ini adalah masinis dan asisten masinis KA Commuterline Bandung Raya, serta satu orang pramugara KA Turangga.

"Kami sangat berduka atas meninggalnya sejumlah petugas KA akibat kecelakaan tersebut. Kami sangat mengapresiasi jasa mereka yang telah berkontribusi terhadap perusahaan," ungkapnya.

Baca Juga: Komisi V DPR Minta Tabrakan Kereta di Bandung Segera Diinvestigasi

Saat ini, KAI bersama TNI/Polri, Basarnas, DJKA Kemenhub, KNKT, dan pihak-pihak lain sedang melakukan upaya penanganan kecelakaan kedua kereta tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, tabrakan kereta terjadi di KM 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka, Jumat (5/1/2024) pukul 06.03 WIB.

Peristiwa tersebut berdampak pada pembatalan sembilan perjalanan kereta api. Sementara, 10 perjalanan kereta mengalami rekayasa jalur memutar melewati Cikampek dan Kroya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x