Kompas TV nasional politik

Usai Dicopot dari Ketua PWNU Jatim, Pengamat: Massa NU Mungkin Ikut Kiai Marzuki yang Dukung AMIN

Kompas.tv - 2 Januari 2024, 08:00 WIB
usai-dicopot-dari-ketua-pwnu-jatim-pengamat-massa-nu-mungkin-ikut-kiai-marzuki-yang-dukung-amin
KH Marzuki Mustamar pada saat memberikan keterangan kepada media di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (29/12/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JEMBER, KOMPAS.TV - Pengamat politik Universitas Jember atau Unej Dr. Muhammad Iqbal buka suara terkait pemberhentian Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH. Marzuki Mustamar.

Menurut dia, pemberhantian KH. Marzuki Mustamar sebagai Ketua PWNU Jatim sarat dengan nilai politis. Sebab, pemberhentian itu dilakukan menjelang Pemilihan umum presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024.

"Pencopotan Kiai Marzuki bukti bahwa Jawa Timur menjadi episentrum pertarungan sengit perolehan suara untuk tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden," kata Iqbal, Senin (1/1/2024).

Baca Juga: Cak Imin Blak-blakan soal Ketua PWNU Jatim Dicopot Bisa Timbulkan Distrust

Menurutnya, publik bisa menilai setelah beredar video dukungan moral Kiai Marzuki kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Juga beberapa media yang mengabarkan bahwa Ketua PWNU Jatim menolak untuk mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Meskipun PBNU menyampaikan bahwa pencopotan Kiai Marzuki karena persoalan internal, tetapi dugaan publik sarat politis menjelang Pilpres," ucap dosen FISIP Universitas Jember itu.

Boleh jadi, kata dia, dampak pemecatan Kiai Marzuki ini secara sosiologis politik bisa merembet ke dinamika pilpres dan simpul jaringan basis massa warga Jawa Timur yang tahu persis realitas yang sebenarnya terjadi.

Iqbal memandang bukan tidak mungkin basis massa Nahdlatul Ulama atau NU Jawa Timur bakal lebih takzim pada preferensi politik Kiai Marzuki.

"Di satu pihak, simpul jejaring sosial keumatan itu bisa makin solid dan lebih konsolidatif sebagai bentuk dukungan moral atas peristiwa tersebut," tuturnya.

Baca Juga: Marzuki Mustamar Buka Suara Usai Kabar Dicopot PBNU dari Jabatan Ketua PWNU Jatim

Menurutnya apa pun alasan pemecatan Ketua PWNU Jatim seharusnya tidak dilakukan menjelang Pilpres 2024, karena hal tersebut tentu akan menjadi sorotan publik.

"Kasus pemecatan itu bukti bahwa lumbung elektoral terbesar kaum Nahdliyin di Jawa Timur jadi pusat persaingan dan rebutan tiga kubu pasangan capres-cawapres," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf mengatakan bahwa pemberhentian Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Kota Malang, itu dari jabatan Ketua PWNU Jatim bukan disebabkan beda pilihan calon presiden terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Pemberhentian disebabkan sejumlah masalah internal NU yang tidak terkendali. Tidak ada hubungannya sama sekali dengan masalah politik," ujar Saifullah.

Baca Juga: Ketua PWNU Jatim Marzuki Mustamar Dicopot, Cak Imin: Yang Rugi PBNU


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x