Kompas TV nasional rumah pemilu

Wapres Ma'ruf Amin Bebaskan Keluarga Dalam Pilih Capres-Cawapres di Pilpres 2024

Kompas.tv - 28 Desember 2023, 08:10 WIB
wapres-ma-ruf-amin-bebaskan-keluarga-dalam-pilih-capres-cawapres-di-pilpres-2024
Wakil Presiden RI Maruf Amin saat menyampaikan pidato di agenda Anugerah Revolusi Mental di Jakarta, Rabu (20/12/2023). (Sumber: Sekretariat Wakil Presiden RI via Antara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin membebaskan sanak familinya untuk memilih capres dan cawapres pilihannya di Pilpres 2024. 

Saat ini, ada tiga pasangan calon (paslon), yaitu paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, paslon nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Saya silakan saja, mau milih (capres-cawapres) ke mana silakan saja," kata Ma'ruf dalam program Satu Meja The Forum di Kompas TV, Rabu (27/12/2023) malam. 

Baca Juga: Anies saat AMIN Dapat Dukungan KB HMI di Pilpres 2024: Kami Terima Ini Sebagai Amanah

Menurut dia, masing-masing anggota keluarganya sudah punya tolok ukur sendiri dalam menentukan calon pemimpin Indonesia. 

"Mereka sudah punya ukuran-ukuran sendiri. (Pilihannya) Harus yang terbaik," ujarnya.

Ma'ruf Amin menyatakan, sebagai pribadi dan warga negara yang memiliki hak pilih, dirinya akan menentukan pilihannya nanti di bilik suara.

“Saya menyebutnya kalau bahasa kiai itu namanya amrun syakhshiyun qolbiyun, itu persoalan hati dan personal. Karena itu saya tuangkan untuk publik, saya bersikap netral. Saya tidak akan menunjukkan endorsement (dukungan) kepada calon tertentu,” jelasnya.

Adapun sesuai perintah agama, ungkap wapres, dirinya hanya akan mengimbau umat untuk memilih para calon pemimpin yang terbaik atau istilahnya afdhal.

“(Sebab) kalau memilih yang tidak afdhal , padahal ada yang afdhal, dalam agama disebut berkhianat kepada Allah, kepada Rasul, dan kepada masyarakat,” ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Sebelumnya, Putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah Ma'ruf menyatakan dukungan untuk calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Pilpres 2024. 

Dukungan itu dia sampaikan sebagai Ketua Dewan Pembina Barisan Advokasi Keadilan Indonesia Ganjar Mahfud (BAKI GAMA) 03, di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (20/12) malam. 

Baca Juga: Cerita Prabowo Pilih Gibran sebagai Cawapres: Sempat Dihina Anak Ingusan

"Ini kebanggaan bagi saya bisa berdiri di hadapan Bapak Ibu sekalian. Tentu kita ingin membersamai perjuangan Pak Ganjar-Mahfud dan juga teman-teman semua untuk memenangkan beliau sebagai capres dan wapres," kata Siti Nur Azizah saat deklarasi BAKI GAMA di Mampang.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x