Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini Prabowo dan SBY Hadiri Peringatan 19 tahun Tsunami Aceh

Kompas.tv - 26 Desember 2023, 09:35 WIB
hari-ini-prabowo-dan-sby-hadiri-peringatan-19-tahun-tsunami-aceh
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (30/7/2018). Prabowo dan SBY dijadwalkan hadir di Aceh untuk memperingati 19 Tahun Tsunami Aceh, Selasa (26/12/2023. (Sumber: (Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menghadiri peringatan 19 tahun tsunami Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004 silam. 

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Nusron Wahid menegaskan, capres nomor urut 2 itu ke sana hadir dalam kapasitasnya sebagai Menhan. 

"Ya betul. Besok (hari ini) dalam kapasitas sebagai Menhan bersama Presiden ke-6 SBY, ada acara di Aceh. Kegiatan peringatan 19 tahun Tsunami Aceh," kata Nusron kepada wartawan, Senin (25/12/2023).

Baca Juga: Momen SBY Menangis Kala Kenang Peristiwa Tsunami Aceh 2004 Silam

Nusron menjelaskan, peringatan tsunami Aceh juga akan dihadiri oleh para tokoh dan hulubalang Aceh. 

"Hulubalang dan tokoh Aceh bersama Pak SBY. Sekaligus memperingati tsunami dan perdamaian Aceh di Hotel Hermes," kata dia, dikutip dari Kompas.com.

Kapan Tsunami Aceh Terjadi?

Tsunami yang melanda Aceh terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 lalu. Pada pukul 07.50 WIB, guncangan gempa dengan kekuatan antara 9,1 hingga 9,3 SR terjadi di sekitar 20-25 kilometer barat daya Sumatera, terutama di wilayah Aceh bagian barat dan sekitarnya.

Tidak lama setelahnya, penduduk di daerah pesisir pantai menyaksikan air laut surut, dan garis pantai mundur hingga mencapai ratusan meter.

Dalam waktu beberapa menit saja, tiba-tiba muncul gelombang besar dengan ketinggian sekitar 30 meter yang melanda pantai barat Sumatera dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. 

Gelombang tsunami ini diduga mampu membersihkan daratan dengan kecepatan mencapai 800 km per jam.

Dalam waktu tujuh menit saja, kota-kota di pesisir barat Aceh telah terisi dengan reruntuhan bangunan dan korban jiwa dalam keadaan tragis. 

Laporan menyebutkan bahwa sekitar 132.000 orang telah kehilangan nyawa, sementara 37.000 orang lainnya dinyatakan hilang.

Baca Juga: SBY dan AHY ke Aceh Peringati 19 Tahun Tsunami dan Temui Ulama

Kemudian, pada tanggal 27 Desember 2004, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan bahwa tsunami Aceh merupakan bencana kemanusiaan terbesar yang pernah melanda Indonesia. 


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x