Kompas TV nasional humaniora

Pesan Natal dari Uskup Agung Jakarta: Pilihlah Pemimpin Sesuai Hati Nurani

Kompas.tv - 25 Desember 2023, 13:50 WIB
pesan-natal-dari-uskup-agung-jakarta-pilihlah-pemimpin-sesuai-hati-nurani
Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo (tengah) saat konferensi pers pelaksanaan Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta, Senin (25/12/2023). Ia meminta agar umat tidak salah memilih pemimpin terlebih jelang Pemilu 2024 ini.(Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo berpesan kepada umat Katolik untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024 dan memilih pemimpin sesuai hati nurani. Suharto menyebut ikut menyukseskan Pemilu adalah bentuk tanggung jawab terhadap kehidupan bernegara.

"Silakan memilih dengan cerdas menurut hati nurani. Nasehat dalam rangka kepedulian adalah seperti apapun atau siapapun yang akan terpilih dan diumumkan lembaga berwenang, kita harus menerima," kata Kardinal Suharyo di Gereja Katedral Jakarta, Senin (25/12/2023).

Kardinal Suharyo menyampaikan, manusia sebagai makhluk Tuhan semestinya memiliki kepedulian, baik itu terhadap sesama, lingkungan, dan tanggung jawab terhadap kehidupan bernegara.

Baca Juga: Ini Jadwal Kampanye Capres-Cawapres 2024 saat Libur Natal

Meskipun demikian, Kardinal Suharyo mengingatkan perbedaan pilihan politik tidak boleh mengorbankan persatuan dan persaudaraan. Ia berpesan bahwa masyarakat jangan terpecah oleh isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Betapa kuatnya persatuan itu, ini yang harus kita jaga dalam kondisi apapun. Jangan pernah mengorbankan persatuan dan persaudaraan," ungkapnya, dikutip Antara.

Selain itu, ia juga meminta umat Katolik turut mengawal jalannya pemerintahan usai pemimpin baru dipilih demi mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

"Kalau kita menerima siapapun yang terpilih, lalu belum selesai sebagai WNI bertanggung jawab, harus kritis mengawal pemimpin yang telah dipilih menuju cita-cita kemerdekaan," tutur dia.

Sebelumnya, Kardinal Suharyo menyoroti tingginya angka stunting, efek gas rumah kaca, hingga waste food (makanan terbuang) saat menyampaikan pesan Misa Natal 2023.

Kardinal mengatakan tugas menurunkan angka stunting, efek rumah kaca, dan makanan terbuang memang menjadi urusan pemerintah. Namun sebagai mahkluk Tuhan, manusia harus bersama-sama untuk bertindak nyata dalam menekan segala permasalahan tersebut.

Baca Juga: Ganjar Minta PDIP Solo Waspadai Kecurangan dalam Pemilu: Tabrak! Kita Bukan Banteng Cengeng


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x