Kompas TV nasional rumah pemilu

Kasih Nilai 9,9 buat Penampilan Gibran, Prabowo: Saya Sangat Bangga dengan Cawapres Saya

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 23:25 WIB
kasih-nilai-9-9-buat-penampilan-gibran-prabowo-saya-sangat-bangga-dengan-cawapres-saya
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto memberikan pernyataan usai debat Cawapres, di JCC, Jumat (22/12/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penampilan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mendapat apresiasi dari Prabowo Subianto. 

Menurut Prabowo, penampilan Gibran di Debat Cawapres layak mendapat nilai 9,9. Capres nomor urut 2 ini juga meyakini masyarakat yang menonton debat juga akan memberikan nilai yang sama terkait penampilan Gibran. 

"Terus terang saja saya sangat bangga dengan cawapres saya. Kemudian saya sangat bangga tadi saya katakan kalau saya seorang guru yang memberi nilai pada saat ujian, saya beri nilai 9,9," ujar Prabowo saat jumpa pers usai debat cawapres di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Selain menilai penampilan Gibran, Prabowo juga mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah melaksanakan debat cawapres dengan baik.

Menteri Pertahanan RI ini juga menilai program dan gagasan yang disampaikan cawapres lain saat debat sangat positif. Seluruhnya mengarah kepada kemajuan Indonesia dan kesejahteraan rakyat. 

Baca Juga: Momen Gibran Sebut Mahfud MD dan Cak Imin Tak Paham dengan Penjelasannya soal Infrastruktur Sosial

Prabowo menambahkan, program-program yang dijelaskan Gibran saat debat pasti akan dijalankan jika terpilih di Pilpres 2024.

"Kita serius, saya mewakili generasi yang saya namakan generasi jembatan, kami menganggap diri kami jembatan untuk nanti generasi muda melewati Indonesia Emas hebat adil makmur," ujar Prabowo. 

Dalam debat cawapres ini, Gibran menjadi cawapres pertama yang menyampaikan visi, misi dan program kerja.

Debat kedua khusus untuk cawapres ini mengangkat isu ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Sama seperti debat pertama, debat cawapres terbagi menjadi enam segmen. Segmen pertama yakni pembukaan dan penyampaian visi-misi dan program kerja. 

Baca Juga: KPU akan Tegur Lagi Gibran Usai Serukan Pendukungnya Berteriak Saat Debat Cawapres

Di segmen ini, Gibran mendapat urutan pertama dalam menyampaikan visi, misi serta program kerja. 

Segmen kedua dan ketiga, merupakan pendalaman visi, misi dan program kerja. Tim panelis mengajukan pertanyaan untuk mendalami visi, misi dan program kerja ke masing-masing Cawapres.

Segmen empat dan lima kesempatan bagi masing-masing cawapres untuk mengajukan pertanyaan kepada masing-masing cawapres yang lain. 

Saat mengajukan pertanyaan ke cawapres lain, masing-masing kandidat cawapres diberi kesempatan waktu 1 menit, dan saat merespons, masing-masing cawapres lain diberi kesempatan 2 menit. Segmen terakhir adalah penutup yang berisi pernyataan penutup atau closing statement.

Debat Cawapres ini dipandu dua moderator yakni Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa, serta ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x