Kompas TV nasional rumah pemilu

Hasil Jajak Pendapat Kompas: 78,8 Persen Responden Tertarik Tonton Debat Cawapres

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 08:51 WIB
hasil-jajak-pendapat-kompas-78-8-persen-responden-tertarik-tonton-debat-cawapres
Kolase foto tiga Cawapres, Muhaimin Iskandar (kiri), Gibran Rakabuming (tengah), Mahfud MD (kanan). (Sumber: Kolase Tribunnews.)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hasil jajak pendapat Kompas pada 18-20 Desember 2023 menunjukkan bahwa 78,8 responden tertarik menonton debat perdana calon wakil presiden (cawapres) atau debat kedua Pilpres 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan pelaksanaan debat perdana cawapres pada Jumat (22/12/2023), di Jakarta Convention Center (JCC).

Sebanyak 46,5 persen responden mengaku tahu dan tertarik menonton debat. Jumlah itu meningkat dari jajak pendapat menjelang debat perdana capres yang jumlahnya 35,8 persen.

Topik ekonomi kerakyatan dengan tawaran riil penyediaan lapangan pekerjaan dan pengendalian harga paling dinantikan.

Baca Juga: Kaesang Absen Saat Gibran Debat Cawapres Perdana Besok: Support-nya lewat Doa Saja

Mengutip pemberitaan Kompas.id, antusiasme tersebut tidak lepas dari topik debat yang berkaitan dengan keseharian masyarakat, yakni ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Berdasarkan jajak pendapat tersebut, sebagian besar responden fokus pada satu tema besar, yakni ekonomi, baik kerakyatan maupun digital.

Sebanyak 58,9 persen  responden berharap tema ekonomi kerakyatan mendapatkan porsi besar dalam debat tersebut.

Publik secara spesifik menantikan gagasan kandidat dalam mengupayakan penyediaan lapangan. Diketahui, per Agustus 2023 jumlah pengangguran di Indonesia sebanyak 7,85 juta orang.

Debat perdana cawapres besok bakal dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama adalah pemaparan visi misi sesuai tema debat, sesi kedua dan ketiga merupakan pendalaman visi misi dengan menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan para panelis.

Selanjutnya, segmen keempat dan kelima akan berisi tanya jawab antar-cawapres, dan segmen terakhir berupa pernyataan penutup para cawapres.

Jajak pendapat tersebut dilaksanakan oleh Litbang Kompas dengan melibatkan 509 responden dari 34 provinsi.


 

Tingkat kepercayaan pada jajak pendapat tersebut berkisar di angka 95 persen dengan margin of error di angka 4,35 persen. Jajak pendapat itu dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas.

Sebelumnya, Kompas.TV memberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan pelakanaan debat perdana calon wakil presiden (cawapres) atau debat kedua Pilpres 2024 pada Jumat (22/12/2023) di jakarta Convention Center.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan hal itu di Kantor KPU, Jakarta, Senin (18/12).

Baca Juga: Penjelasan Budiman Sudjatmiko Terkait Persiapan Gibran Jelang Debat Cawapres 22 Desember 2023

“Kampanye debat cawapres diselenggarakan 22 Desember 2023, dimulai on air jam 19.00 WIB, tempat penyelenggaraan direncanakan di Jakarta Convention Center atau JCC di Jakarta,” jelasnya.

Tema debat tersebut, sesuai dengan hasil diskusi KPU beberapa waktu lalu, mencakup Ekonomi (Kekayaan dan Digital ), Keuangan, Investasi, Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.




Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x