Kompas TV nasional politik

Ganjar: Perguruan Tinggi Wajib Selesaikan Persoalan Sektoral agar Indonesia Emas 2045 Tercapai

Kompas.tv - 19 Desember 2023, 13:53 WIB
ganjar-perguruan-tinggi-wajib-selesaikan-persoalan-sektoral-agar-indonesia-emas-2045-tercapai
Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo merespons temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait dugaan sumber dana kampanye Pemilu 2024 berasal dari tindak pidana, Jumat (15/12/2023) di Bekasi, Jawa Barat. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV  - Perguruan tinggi dan lembaga riset wajib diberikan penugasan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan sektoral agar cita-cita di 2045 tercapai.

Hal itu disampaikan oleh Calon Presiden (Capres) RI nomor urut 3, Ganjar Pranowo  saat menghadiri Dies Natalis ke-74 Universitas Gadjah Mada, Selasa (19/12/2023) pagi.

Ganjar berpendapat, untuk menuju Indonesia Emas 2045 perguruan tinggi harus menyiapkan sistem pendidikan yang terbaik, agar banyak melahirkan generasi anak bangsa yang unggul dan berkualitas.

"Konteksnya merespons bonus demografi dengan segala kecanggihannya," kata Ganjar.

Baca Juga: Disebut Main Aman Saat Debat Capres, Ini Tanggapan Ganjar

"Artinya perguruan tinggi dan lembaga riset memang wajib diberikan penugasan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan sektoral agar cita-cita di 2045 tercapai," tambahnya, dikutip Tribunnews.com.

Saat ini Indonesia tengah memasuki era bonus demografi, yakni jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih banyak daripada nonproduktif (65 tahun ke atas), dengan proporsi lebih dari 60 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Oleh sebab itu, Ganjar berharap semua pihak memanfaatkan semaksimal mungkin potensi ini, khususnya lembaga pendidikan yang memiliki pengaruh penting dalam perkembangan sumber daya manusia.

Dalam kegiatan tersebut, Ganjar yang merupakan lulusan Fakultas Hukum UGM juga menyatakan, perguruan tinggi memiliki posisi yang sangat strategis dalam mentransformasikan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Hari ke-22 Kampanye: Anies di NTB, Ganjar ke IPB-UGM, Prabowo Terima Dukungan dari Pedagang Pasar

"Selamat ulang tahun untuk UGM ke-74. Bagaimana kemudian masyarakat Indonesia bertransformasi dan perguruan tinggi menempatkan posisinya dalam dirinya yang sangat strategis," ujar Ganjar di UGM.

Menurut Ganjar, perguruan tinggi memiliki peran penting untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan bangsa yang bersifat sektoral.



Sumber : tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x