Kompas TV nasional peristiwa

Profil Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba yang Kena OTT KPK, Jabat Kepala Daerah 2 Periode

Kompas.tv - 19 Desember 2023, 08:27 WIB
profil-gubernur-maluku-utara-abdul-gani-kasuba-yang-kena-ott-kpk-jabat-kepala-daerah-2-periode
Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (kiri) dan Wakil Gubernur Maluku Utara Al Yasin (kanan) mengikuti pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019). (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Maluku Utara, Senin (18/12/2023). Kantor Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba dan sejumlah kantor telah disegel.

Tak hanya itu, KPK juga menggeledah rumah dinas Abdul Gani Kasuba di Kelurahan Takoma, Ternate tengah pada Senin malam. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan bahwa OTT tersebut berkaitan dengan dugaan korupsi lelang jabatan dan pengadaan barang.

“Diduga dalam tindak pidana korupsi lelang jabatan dan proyek pengadaan barang dan jasa,” ucap Ghufron, Senin.

Baca Juga: Terjaring OTT KPK, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba Ditangkap di Hotel Jakarta Selatan

Profil Abdul Gani Kasuba

Abdul Gani Kasuba merupakan pria kelahiran Bibinoi (sekarang Halmahera Selatan), Maluku Utara, Maluku pada 21 Desember 1951. Ia menghabiskan masa-masa pendidikannya di Yayasan Al-Khairat di Palu, Sulawesi Tengah.

Ia menjalani pendidikan di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-Khairat hingga ke jenjang SMA di Madrasah Mualimin Al-Khairat. Setelah itu, ia melanjutkan studi di pendidikan tinggi Fakultas Dakwah Universitas Islam Madinah.

Ia kembali ke Indonesia dan mengabdi di Yayasan Al-Khairat sebagai Kepala Inspeksi. Ia juga mendirikan sekolah-sekolah di Maluku Utara hingga Papua.

Abdul Gani Kasuba juga sempat menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Ulama Maluku Utara pada 1994-1999.

Kariernya di dunia politik dimulai pada 2004, di mana PKS mengajaknya untuk ikut pemilihan legislatif. Ia pun terpilih sebagai anggota DPR RI.

Setahun berselang, ia pun terpilih menjadi Wakil Gubernur Maluku Utara mendampingi Thaib Armaiyn.

Baca Juga: Soal OTT di Maluku Utara, KPK Sebut terkait Lelang Jabatan dan Pengadaan Barang Jasa

Pada Pilkada 2013, Abdul Gani Kasuba terpilih sebagai Gubernur Maluku Utara, didampingi oleh Natsir Thaib sebagai wakilnya. Ia menjabat untuk periode 2014-2019.

Pada Pilkada selanjutnya, Gani sebagai petahana resmi berpasangan dengan mantan Bupati Halmahera Tengah Al Yasin Ali. 

Keduanya dinyatakan terpilih usai Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan hasil perselisihan hasil Pilkada. Keduanya menjabat untuk periode 2019-2024.


 



Sumber : Kompas TV, Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x