Kompas TV nasional rumah pemilu

Persiapan Debat Cawapres 2024: Gibran Siapkan Materi, Mahfud Biasa Saja, Sekjen PKB: Kacang Goreng

Kompas.tv - 18 Desember 2023, 08:57 WIB
persiapan-debat-cawapres-2024-gibran-siapkan-materi-mahfud-biasa-saja-sekjen-pkb-kacang-goreng
Kolase foto tiga Cawapres, Muhaimin Iskandar (kiri), Gibran Rakabuming (tengah), Mahfud MD (kanan). (Sumber: Kolase Tribunnews.)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

KOMPAS.TV – Tiga Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI menjelaskan kesiapan mereka menghadapi debat Pilpres 2024 yang bakal dilaksanakan pada Jumat (22/12/2023) mendatang.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid, menyebut debat hanya seperti kacang goreng bagi cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar.

“Cak Imin nggak perlu persiapanlah, yang namanya debat itu kacang goreng buat Cak Imin,” tuturnya, dikutip dari pemberitaan Kompas TV, Senin (18/12/223).

“Mulai muda jadi aktivis, jadi ketua, jadi pengurus partai udah tahunan, jadi caleg berkali-kali, jadi wakil ketua DPR sudah, jadi menteri sudah, sudah biasa debat,” tambahnya.

Baca Juga: Hasto Soroti Sikap Prabowo saat Debat dan Ucapan "Ndasmu Etik": Persoalan Psikologis Serius

Sementara, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah melakukan pendalaman materi untuk persiapan debat.

“Sudah. Saya terakhir jawab itu terus lho. Sudah pendalaman materi dan lain-lain. Materinya ya sesuai tema debat,” ucapnya usai berkampanye dengan pelaku UMUK di Balikpapan, Minggu.

Sedangkan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk menghadaipi debat.

Menurutnya, pertanyaan dalam debat akan diundi, sehingga tidak ada gunanya menyiapkan materi karena ada kemungkinan berbeda dengan pertanyaan hasil undian.

“Nggak ada (persiapan khusus). Debat itu biasa saja, saya siap debat dan saya tidak pernah menyiapkan materi,” katanya.

“Kan debat itu kan Anda tahu, pertanyaannya diundi, kalau saya menyiapkan apa tapi undiannya berbeda kan tidak ada gunannya juga,” imbuh Mahfud di Bandung, Minggu.

Oleh sebab itu, lanjut Mahfud, dirinya akan datang tanpa persiapan khusus.

Baca Juga: Capres Saling Serang soal Demokrasi di Debat Pertama, Ini Kata Bagir Manan | ROSI

“Ya sudah saya datang saja.Jadi debat itu berdasar pengetahuan yang sudah ada, bukan karena persiapan yang seperti sandiwara,” tuturnya.

Diketahui, debat kedua Pilpres bakal menampilkan ketiga cawapres pada 22 Desember 2023, dengan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN, APBD, infrastruktur dan perkotaan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x