Kompas TV nasional peristiwa

Kepala Lembaga Administrasi Negara Adi Suryanto Meninggal Dunia di Usia 54 Tahun

Kompas.tv - 15 Desember 2023, 21:38 WIB
kepala-lembaga-administrasi-negara-adi-suryanto-meninggal-dunia-di-usia-54-tahun
Arsip foto - Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Prof. Dr. Adi Suryanto. (Sumber: ANTARA/Fauzi Lamboka)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar duka datang dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). Kepala LAN Prof. Dr. Adi Suryanto, M.Si, CHRM, meninggal dunia di Yogyakarta, Jumat (15/12/2023).

Kepala Biro Hukum dan Humas LAN Tri Atmojo Sejati mengabarkan Adi Suryanto meninggal di usia 54 tahun.

Rencananya, jenazah Adi Suryanto akan dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023) besok.

"Kepala LAN Prof. Dr. Adi Suryanto, M.Si., CHRM, meninggal dunia di Yogyakarta, Jumat," kata Adi dalam keterangannya dikutip dari Antara.

Profil Adi Suryanto

Prof. Adi Suryanto dilahirkan pada 8 Desember 1969 di Kebumen, Jawa Tengah, dan telah mendedikasikan dirinya selama 29 tahun di Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Sejak 23 Desember 2015, ia menjabat sebagai Kepala LAN, menggantikan Agus Dwiyanto yang telah memasuki masa purnatugas. 

Masa jabatannya diperpanjang oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 206/TPA Tahun 2020 tentang Perpanjangan Masa Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan LAN.

Baca Juga: Update Jumlah Korban Meninggal Dunia Kecelakaan Bus Tol Cikampek-Purwakarta: 12 Orang Tewas

Dalam kariernya, Adi Suryanto memulainya dari bawah dengan melalui jabatan terendah eselon IV, eselon III, eselon II, eselon I, dan saat ini JPT Utama.

Adi Suryanto telah mengikuti berbagai tingkatan Diklat, termasuk Diklat prajabatan sebagai salah satu dari 10 peserta terbaik, Diklat ADUM sebagai peserta terbaik pertama, Diklat SPAMA sebagai salah satu dari 10 peserta terbaik, Diklat Pim II sebagai salah satu dari 10 peserta terbaik, dan Diklat Pim I sebagai peserta terbaik pertama.

Pengalaman profesional Adi Suryanto melibatkan berbagai aspek penyelenggaraan negara dan kebijakan, mencakup pendidikan dan pelatihan aparatur, fasilitasi, kajian dan pengembangan, konsultasi, studi kebijakan, perencanaan pemerintahan, manajemen kinerja, dan bidang lainnya.

Adi Suryanto merupakan lulusan S1 Ilmu Pemerintahan dari Universitas Diponegoro pada tahun 1993. Ia kemudian meraih gelar master di Administrasi dan Kebijakan Publik dari Universitas Indonesia pada tahun 2000.


 

Pada tahun 2008, Adi mendapatkan gelar doktor dalam ilmu politik dari Universitas Indonesia. Ia diangkat sebagai Guru Besar atau Profesor Bidang Ilmu Administrasi Publik di Politeknik STIA LAN Jakarta pada Oktober 2023.

Sejak masa kuliah, Adi telah aktif menulis di berbagai surat kabar dan hingga kini terus menulis jurnal, artikel, buku, modul, paper kebijakan, dan sebagainya.

Beberapa buku yang telah ditulisnya mencakup topik seperti Evaluasi Manajemen Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Manajemen Pemerintahan Daerah, dan Konflik Elit dalam Pembentukan Provinsi Banten. 

Baca Juga: Geger Sekeluarga Tewas di Malang, Tetangga Ungkap Kehidupan Sebelum Meninggal



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x