Kompas TV nasional rumah pemilu

Abuya Muhtadi di Pilpres 2024: NU Bebas Pilih, tetapi Saya Tetap Pak Ganjar Mahfud

Kompas.tv - 14 Desember 2023, 11:29 WIB
abuya-muhtadi-di-pilpres-2024-nu-bebas-pilih-tetapi-saya-tetap-pak-ganjar-mahfud
Menteri Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menk Polhukam) Mahfud MD saat konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (4/12/2023).  (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Kemenko Polhukam RI.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ulama kharismatik Banten, Abuya Muhtadi mengaku akan mendukung pasangan capres cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024.

Hal tersebut dilakukan karena Abuya Muhtadi sudah mengenal jauh sosok Mahfud MD sejak sama-sama di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Hal tersebut diungkap Mahfud MD dalam keterangan tertulis sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (14/12/2023).

“NU bebas memilih. Tetapi kalau saya tetap ke Pak Mahfud dan Pak Ganjar. Kenapa Pak Mahfud? Beliau kawan saya di PKB dulu,” ucap Abuya Muhtadi kepada Mahfud saat melakukan safari politik di Banten, Rabu (13/12/2023).

Bukan hanya mendapat dukungan dari Abuya Muhtadi, Mahfud juga mendapat dukungan dari ratusan santri dan ulama di Banten.

Lebih dari itu, Abuya Muhtadi bahkan mendoakan langkah Mahfud MD yang kali ini maju kontestasi untuk memenangkan Pilpres 2024.

Baca Juga: Imparsial: Anies dan Ganjar Lebih Progresif Ketimbang Prabowo untuk Sikapi Pelanggaran HAM di Papua

“Mangga pilih calon-calonnya. Tapi Mangga singkatan Mahfud-Ganjar. Sukses, sukses, sukses, Mangga Mahfud Ganjar,” ujar Abuya Muhtadi.

Menyikapi dukungan Abuya Muhtadi, Mahfud MD pun menegaskan tidak akan melakukan kampanye politik elektoral melainkan kampanye politik kebangsaan.

“Saya yakin, tidak perlu kampanye apa-apa. Beliau Abuya Muhtadi sudah tahu, beliau ilmunya dan makrifatnya tinggi. Tanyakan ke beliau. Saya tidak akan kampanye elektoral,” kata Mahfud.

Maka itu, dalam kehadirannya Mahfud lebih banyak berbicara mengenai peran santri dan umat Islam dalam mencintai serta menjaga tanah air.

Sebab Mahfud merasa amat berkesan dengan pelajaran di pondok pesantren yang selalu mengutamakan mencintai tanah air.

“Hingga ada ungkapan Hubbul Wathan Minal Iman. Maka pesantren yang benar adalah yang tidak boleh melahirkan orang-orang yang radikal,” tuturnya.

Baca Juga: Alasan Anies Hadirkan Ayah Korban Harun Al Rasyid: Tak Ada Keadilan Usai Meninggal Dukung Prabowo

Dalam kehadirannya, Mahfud juga mengungkapkan soal bagaimana saat diri sebelum ditunjuk sebagai cawapres mendampingi Ganjar Pranowo pada 14 Oktober 2023.

Mahfud menuturkan dirinya tidak pernah melakukan pendekatan apapun untuk berkuasa.

“Saya tidak pernah melakukan pendekatan apapun. Saya tidak lobby. Saya tak bikin iklan dan spanduk. Saya tak minta masuk survei. Sebab saya ingat hadis yang menyebut, jangan minta-minta jabatan. Kalau minta-minta, Allah tak akan membantu. Kalau diminta oleh rakyat, Allah akan membantu,” ujar Mahfud.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x