Kompas TV nasional rumah pemilu

Terbang ke Australia, Megawati Tak Hadiri Debat Capres Pilpres 2024 di KPU RI

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 18:40 WIB
terbang-ke-australia-megawati-tak-hadiri-debat-capres-pilpres-2024-di-kpu-ri
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di KPU RI, Selasa (12/12/2023). Dia menyebut sang Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri tidak hadir pada debat perdana Capres Selasa malam ini. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

 

JAKARTA, KOMPAS TV- Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan atau PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri tak akan menghadiri agenda debat calon presiden (Capres) Pilpres 2024 pada malam ini di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. 

Hasto menjelaskan, Megawati sedang menghadiri wisuda cucunya di Australia. 

"Sementara Bu Megawati tidak bisa hadir karena sedang berada di Australia untuk menyaksikan wisuda cucu dari beliau," kata Hasto di KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023). 

Baca Juga: Bivitri Susanti: Pada Dasarnya Paslon Hanya akan Menjawab, Jadi Ini Bukan Debat

Ia menyebut, ketua umum lainnya seperti Plt Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono, Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang atau OSO akan hadir. 

"Jadi beberapa ketum akan hadir Bang OSO, Pak Mardiono dan Pak Hary," ujarnya. 

Ia menambahkan, Ganjar-Mahfud sudah siap untuk menjalani agenda debat hari ini. 

"Tentu saja Pak Ganjar dan Prof Mahfud MD karena ini berkaitan dengan kompetensi kepemimpinan beliau, telah mempersiapkan diri sebaik-baiknya," katanya. 

Tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyatakan rundown debat capres akan berlangsung selama 150 menit. Rinciannya, durasi debat total 120 menit yang dibagi menjadi enam segmen. Sementara 30 menit sisanya untuk pariwara.

Segmen pertama adalah momen peserta Pilpres 2024 memaparkan visi dan misi sesuai tema yang ditetapkan. Capres bisa saling sanggah pada segmen kedua, ketiga, keempat dan kelima.

Baca Juga: Jelang Debat Perdana Capres, Gibran Berziarah ke Makam Habib Ali Kwitang

Sesi terakhir khusus untuk penyampaian pernyataan penutup tiap capres. Debat akan dihadiri tiga pasangan calon, antara lain Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x