Kompas TV nasional rumah pemilu

Jelang Debat Perdana Pilpres 2024, TKN Prabowo-Gibran Kumpulkan Aktivis dan Korban Penculikan 98

Kompas.tv - 11 Desember 2023, 20:20 WIB
jelang-debat-perdana-pilpres-2024-tkn-prabowo-gibran-kumpulkan-aktivis-dan-korban-penculikan-98
Sejumlah aktivis dan korban penculikan tahun 1998 hadir di Media Center Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Senin (11/12/2023). (Sumber: Kompas.com/Adhyasta Dirgantara)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Sejumlah aktivis dan korban penculikan tahun 1998 hadir di Media Center Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Senin (11/12/2023).

Mereka hadir setelah TKN Prabowo-Gibran mengumpulkan sejumlah aktivis dan korban penculikan 98 menjelang debat resmi capres-cawapres yang akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (12/12/2023).

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid,  mengakui bahwa pihaknya mengumpulkan sejumlah aktivis dan korban penculikan 98 ini berkaitan dengan tema dari debat perdana Pilpres 2024.

Salah satu tema yang bakal dibahas dalam debat tersebut adalah hak asasi manusia (HAM).

"Yang pertama adalah menyangkut tentang topik masalah hukum, yang kedua adalah menyangkut hak asasi manusia, yang nomor 3 pencegahan dan pemberantasan korupsi, yang nomor 4 pemerintahan, yang nomor 5 penguatan demokrasi, yang nomor 6 penanganan disinformasi dan kerukunan warga," ujar Nusron dalam jumpa pers.

Baca Juga: TKN Prabowo-Gibran Sebut Debat Perdana Pilpres Bisa Jadi Ajang Unjuk Gigi Para Calon

Sejumlah aktivis dan korban penculikan tahun 1998 juga hadir dalam jumpa pers tersebut. Menurut Nusron, mereka merupakan para pendukung Prabowo-Gibran.

Di antara mereka adalah Budiman Sudjatmiko, Andi Arief, hingga Agus Jabo. Lalu, ada juga pegiat antikorupsi Irma Hutabarat, pegiat HAM Natalius Pigai, dan aktivis NGO Rachland Nashidik.

"Pasti akan muncul pertanyaan karena setiap 5 tahun sekali setiap Pak Prabowo ikut pilpres karena dikaitkan dengan masa lalu Pak Prabowo, hubungan masa lalu Pak Prabowo dengan Pak Budiman Sudjatmiko," tuturnya.


 

"Sebelah kiri Budiman adalah Irma Hutabarat salah satu aktivis penggiat antikorupsi dan salah satu pendiri ICW. Ada Andi Arief korban penculikan tahun itu, sama-sama Budiman sampingnya," sambung Nusron.

Dalam kesempatan itu, Nusron juga menyebut bahwa masa lalu Prabowo itu sudah terselesaikan dengan baik.

Baca Juga: Berikut Gagasan Capres Anies, Prabowo dan Ganjar Terkait Pemberantasan Korupsi

"Karena setiap momen debat apalagi isu domokratisasi, HAM, itu selalu dikaitkan dengan problem masa lalu yang sudah terkubur dengan baik, dan sudah selesai dengan baik terhadap berbagai tokoh, salah satunya Pak Prabowo," imbuhnya, dikutip Kompas.com.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x