Kompas TV nasional peristiwa

Butet Kartaredjasa Umumkan Ponsel dan WhatsApp Dilumpuhkan

Kompas.tv - 9 Desember 2023, 11:10 WIB
butet-kartaredjasa-umumkan-ponsel-dan-whatsapp-dilumpuhkan
Aktor sekaligus seniman Butet Kartaredjasa. (Sumber: Kompas.com/Yustinus Wijaya Kusuma)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seniman Butet Kartaredjasa mengabarkan bahwa ponsel dan WhatsApp (WA) tengah dilumpuhkan. Hal ini disampaikan melalui akun Instagram pribadinya @masbutet, Sabtu (9/12/2023).

Butet menjelaskan bahwa sejak pagi tadi, komunikasi dari luar tidak dapat masuk melalui ponselnya. Ia lantas meminta bagi rekan yang hendak menghubunginya dapat mengontak ke nomor sang istri.

“HP/WA DILUMPUHKAN. Mulai pagi ini akses komunikasi kepadaku sdg dilumpuhkan. Silakan yg mau kontak ke nomer rumah atau nomer bojo,” tulis Butet.

Baca Juga: Anies Soal Dugaan Intimidasi Teater Butet: Jangan Hanya Boleh Bicara yang Enak di Kuping Penguasa

Kompas TV mencoba menghubungi pihak Butet Kartaredjasa, tetapi belum ada jawaban.

Sebelumnya, Butet mengaku mendapatkan intimidasi aparat terkait gelaran teater berjudul “Musuh Bebuyutan” yang diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jumat (1/12/2023).

Sejumlah petugas kepolisian sektor Cikini, Jakarta, disebut tiba-tiba datang dan meminta penyelenggara membuat surat pernyataan yang isinya agar acara tidak menampilkan unsur politik.

Butet Kartaredjasa pun menandatangani surat tersebut. Namun, menurutnya redaksional sura pernyataan tersebut mengandung unsur intimidasi polisi terhadap seniman.

Dalam program Kompas Petang, Selasa (5/12/2023), Butet menjelaskan bahwa baru kali ini ia mendapatkan intimidasi atas pentas teater yang digelar. 

"Baru kali ini, selama ini biasa-biasa saja. Tema politik, satire politik parodi itu memang bagian dan sering kami tampilkan di dalam percandan kami di dalam lakon itu. Baru kali ini ada tambahan redaksional itu, saya harus berkomitmen tidak bicara politik. Ini loh yang aneh,"


Butet mengungkapkan, dirinya sudah melewati empat kali pemilihan umum dan, selama menggelar pertunjukan, ia tidak pernah diminta menandatangani surat pernyataan dari pihak kepolisian.

Baca Juga: Mahfud MD Tanggapi Dugaan Intimidasi Terhadap Butet Kertaredjasa: Tidak Boleh, Seni Ya Seni

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro membantah, menyatakan tidak ada intimidasi yang dilakukan. Ia juga menegaskan bahwa pihaknya tidak mengintervensi materi pentas teater.

“Tidak ada (intervensi). Kami tidak menyentuh aspek materi, apalagi perizinan,” ujarnya, Selasa (5/12).



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.