Kompas TV nasional peristiwa

Kasus Covid-19 di DKI Jakarta Meningkat, Epidemiolog Sarankan Langkah Antisipatif dan Respons Cepat

Kompas.tv - 9 Desember 2023, 05:00 WIB
kasus-covid-19-di-dki-jakarta-meningkat-epidemiolog-sarankan-langkah-antisipatif-dan-respons-cepat
Ilustrasi Covid-19. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Epidemiologi dari Griffith University Australia Dicky Budiman menekankan penanganan cepat lonjakan kasus Covid-19 di DKI Jakarta, Jumat (8/12/2023). Berdasarkan analisisnya, diperlukan langkah konkret untuk mengendalikan penyebaran virus.

Data dari Dinkes DKI menunjukkan sejak pertengahan November 2023, kasus positif Covid-19 kembali melonjak.

Mulai dari 55 kasus, angka itu terus meningkat, per 3 Desember warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapi 80 orang, atau meningkat 30-40 persen dari minggu sebelumnya.

Baca Juga: Per 1 Januari Vaksin Covid-19 Berbayar: Cek Jenis Vaksin, Harga, dan Lokasi Mendapatkannya

Kembali ke Protokol Kesehatan 5M

Dicky menggarisbawahi pentingnya kembali ke penanganan dasar: Protokol kesehatan 5M.

Ia memandang, langkah-langkah sederhana seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas, bukan sekedar aturan, tetapi budaya yang perlu dibangun kembali.

Protokol ini, menurutnya, adalah perisai pertama dalam menghadapi musuh tak kasat mata ini.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Naik Lagi, Kemenkes Minta Masyarakat Kembali Terapkan Prokes

"Untuk protokol kesehatan 5M itu harus dibudayakan lagi. Lalu meningkatkan kualitas udara," ujar Dicky dikutip dari Kompas.com.

Tak hanya 5M, Dicky juga berfokuskan kepada vaksinasi, baik booster maupun primer. Ia meminta pemerintah untuk mempercepat program vaksinasi.

"Artinya, DKI Jakarta harus dimitigasi dan direspon serupa juga di daerah lain. Percepatan vaksinasi booster, lalu vaksinasi primer yang tentunya ini dijamin oleh pemerintah," lanjutnya.

Baca Juga: Menkes soal Bakteri Mycoplasma Pneumoniae: Tidak Perlu Panik, Itu Penyakit sebelum Covid-19

Menanggapi adanya kasus-kasus baru Covid-19 kali ini, Pemprov DKI mendapat pujian dari Dicky. Kemampuannya dalam mendeteksi kasus Covid-19 secara cepat menjadi contoh yang layak ditiru oleh daerah lain.

"Kemampuan DKI Jakarta jauh lebih baik dalam deteksi, surveilans, dan juga respon kesehatan lainnya. Tapi bukan berarti ini tidak terjadi ini daerah lain. Ini yang harus direspons," ucap Dicky.

Baca Juga: Kemenkes: Fatalitas Bakteri Mycoplasma Pneumoniae Lebih Rendah dari Covid, Obatnya Bisa Pakai BPJS


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.