Kompas TV nasional humaniora

Menhub: Puncak Arus Mudik Nataru H-2 Natal dan H-2 Tahun Baru

Kompas.tv - 7 Desember 2023, 22:44 WIB
menhub-puncak-arus-mudik-nataru-h-2-natal-dan-h-2-tahun-baru
Ilustrasi mudik Nataru. (Sumber: AP Photo/Firdia Lisnawati)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemhub) memprediksi puncak arus mudik dan balik selama libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru akan terbagi dalam dua termin.

Volume kendaraan pada libur Natal diperkirakan akan meningkat sebesar 43 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dihitung berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh pemerintah.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menjelaskan pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, prediksi puncak arus mudik terjadi pada H-2 masing-masing termin. 

"Riset ini dilakukan oleh kami dan beberapa lembaga yang kredibel, sehingga menghasilkan suatu survei yang naik 43% dari tahun lalu yaitu 107 juta. Beberapa data yang mungkin perlu kita lakukan secara cermat adalah kepergian pemudik ini adalah untuk liburan," kata Budi Karya Sumadi, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV, Kamis (7/12).

Sementara itu, arus balik diantisipasi akan terjadi dua hari setelah perayaan Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga: PT KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 6 Kereta Jarak Jauh Selama Libur Nataru

"Jadi itu tentu tetap ada suatu puncak dan balik mudik ya. Kita catat bahwa puncak itu h- dua Natal dan tahun baru, jadi dua hari sebelumnya dan 2 hari setelahnya. Kita memang akan berjaga-jaga di hari-hari itu," ujarnya.

Kemudian, Aktivitas wisata di Yogyakarta dan Bali diprediksi akan mendominasi arus lalu lintas selama momen libur tersebut.

"Ada konsentrasi yang terjadi terutama di Yogyakarta dan sekitarnya yang menjadi tujuan utama berarti nanti, pergerakan kendaraan jalur darat itu akan menuju arah situ, yang kedua adalah tentu Bali ya. Nah kalau darat kita memang cukup mempunyai suatu pengalaman untuk me-manage dengan contraflow dan sebagainya," jelas Budi.

"Tetapi tahun ini mungkin yang akan harus menjadi perhatian khusus adalah dari Ketapang ke Gilimanuk itu, akan terjadi suatu lonjakan yang besar. Oleh karenanya, saya minta kepada stakeholder memberikan suatu dukungan, lalu para Kapolda juga memberikan atensi kepada tempat-tempat itu," tambah Budi.

Baca Juga: Daftar Ruas Jalan Tol Gratis Periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Masa Nataru Ada di Mana Saja?


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x