Kompas TV nasional rumah pemilu

TKN Prabowo-Gibran Usul Debat Capres Tidak Ada Saling Sanggah

Kompas.tv - 6 Desember 2023, 17:46 WIB
tkn-prabowo-gibran-usul-debat-capres-tidak-ada-saling-sanggah
Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Drajad Wibowo saat ditemui di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2023). (Sumber: Irfan Kamil/Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Drajad Wibowo mengakui bahwa pihaknya mengusulkan agar debat capres-cawapres tidak ada saling sanggah.

Ia menyebut pihaknya mengusulkan agar debat capres-cawapres digunakan untuk pemaparan program.

“Memang ada usulan dari kita agar debatnya tidak menjadi saling sanggah, karena itu, sesi saling sanggahnya kalau bisa dikurangi, atau dihilangkan,” kata Drajad Wibowo saat ditemui di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2023).

“Tetapi, pasangan calon itu diberikan kesempatan lebih panjang untuk pendalaman kebijakan,” lanjutnya sebagaimana dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Nusron Wahid: Prabowo-Gibran Siap Debat dengan Format Apa pun, Bahasa Inggris tanpa Teks Kami Siap

Pria yang juga politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyebut acara debat capres-cawapres sebaiknya digunakan untuk menggali gagasan para kandidat. Hal tersebut menurutnya bisa dicapai dengan lebih banyak pemaparan program dibanding saling sanggah.

Keterangan Drajad Wibowo tersebut sesuai dengan pernyataan Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Nihayatul Wafiroh yang menyebut TKN Prabowo-Gibran meminta debat capres-cawapres dilaksanakan tanpa saling menanggapi antarpaslon.

Nihayatul Wafiroh menyebut usulan itu disampaikan tim Prabowo-Gibran dalam rapat bersama KPU dan tim pemenangan paslon lain pada 29 November 2023.

"Dalam kesempatan yang sama Timnas AMIN telah dengan tegas menolak usulan Tim Paslon No. 2 yang jika disetujui akan membatasi pengenalan pemilih terhadap kualitas utuh para paslon, serta terkesan ingin memberikan kenyamanan berlebih pada paslon tertentu. Penolakan serupa juga diutarakan oleh Tim Paslon No.3," kat Nihayatul Wafiroh dalam keterangan yang diterima KompasTV, Minggu (3/12).

KPU sendiri dilaporkan baru akan memutuskan format dan konsep debat capres-cawapres usai mengadakan rapat koordinasi dengan masing-masing tim sukses paslon pada hari ini, Rabu (6/12).

Baca Juga: Grace Natalie: Yang Minta Debat Cawapres Ditiadakan Tim Anies-Muhaimin


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x