Kompas TV nasional peristiwa

KPU Tentukan Format Debat Capres Cawapres Pilpres 2024 Hari Ini, Tim Kampanye Ikut Rapat

Kompas.tv - 6 Desember 2023, 10:49 WIB
kpu-tentukan-format-debat-capres-cawapres-pilpres-2024-hari-ini-tim-kampanye-ikut-rapat
Anggota KPU RI Idham Holik saat memberikan keterangan kepada wartawan di kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (13/10/2023). (Sumber: ANTARA/Cahya Sari)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan penetapan persiapan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dengan memutuskan format dan konsep debat bagi calon presiden dan wakil presiden hari ini, Rabu (6/12/2023). Keputusan ini dilakukan melalui rapat koordinasi yang diadakan bersama tim kampanye dari pasangan calon.

Komisioner KPU Idham Holik mengonfirmasi bahwa rapat koordinasi ini dijadwalkan pada jam 14 WIB siang hari ini, Rabu (6/12).

Tujuannya adalah untuk membahas dan memutuskan beberapa aspek penting terkait debat Pilpres mendatang.

Baca Juga: Cak Imin Optimis Ulama di Aceh Kuat Menahan Rayuan Calon Lain

Idham Holik juga menjanjikan bahwa hasil dari rapat ini akan segera disampaikan kepada publik dan media massa.

"Iya, jam 2 rapat koordinasi dengan seluruh tim kampanye," kata Idham dikutip dari Kompas.com.

Rapat koordinasi hari ini akan memfokuskan pembahasan pada empat aspek utama seperti format dan tema debat, siapa panelis dan moderator dalam debat mendatang.


Baca Juga: Gaji atau Honor Petugas Pengawas TPS Pemilu 2024, Ini Tugas dan Wewenangnya

Sebelumnya, terdapat perubahan signifikan dalam format debat Pilpres 2024. KPU tidak akan menggelar debat khusus yang hanya diikuti oleh calon presiden atau calon wakil presiden saja.

Sebaliknya, lima sesi debat yang direncanakan akan melibatkan kedua calon dalam setiap sesi, meski proporsi waktu bicara akan disesuaikan berdasarkan apakah itu debat capres atau cawapres.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyatakan bahwa perubahan ini dimaksudkan untuk menunjukkan kerja sama dan sinergi antara calon presiden dan calon wakil presiden di depan publik.

Baca Juga: DPR Sahkan Revisi Kedua UU ITE, Ini Daftar Pasal yang Diubah

Ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih baik kepada pemilih tentang bagaimana masing-masing pasangan capres-cawapres akan bekerja sama.

"Sehingga, kemudian supaya publik makin yakin lah teamwork antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat," kata Hasyim kepada wartawan, Kamis (30/11).

Baca Juga: Potensi Cuaca Ekstrem di Beberapa Wilayah pada 6-7 Desember, Daerah Mana Saja?

 

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x