Kompas TV nasional peristiwa

Pasca Longsor, Jalur Kereta Api Karanggandul-Karangsari Sudah Bisa Dilalui

Kompas.tv - 5 Desember 2023, 12:17 WIB
pasca-longsor-jalur-kereta-api-karanggandul-karangsari-sudah-bisa-dilalui
Setelah dilakukan upaya perbaikan sejak tanggal 4 Desember 2023 kemarin, jalur KA yang terdampak longsor di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul – Stasiun Karangsari (Lintas Cirebon – Purwokerto), pada Selasa 5 Desember 2023, pukul 03:41 WIB sudah bisa dilalui. (Sumber: KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

KAB. BANYUMAS, KOMPAS.TV- Setelah dilakukan upaya perbaikan sejak tanggal 4 Desember 2023 kemarin, jalur kereta api yang terdampak longsor di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul – Stasiun Karangsari (Lintas Cirebon – Purwokerto), pada Selasa 5 Desember 2023, pukul 03:41 WIB sudah bisa dilalui. 

Adapun KA yang pertama melewati lokasi tersebut adalah KA Ranggajati (KA 115A)  relasi Jember – Cirebon dengan kecepatan terbatas 10 km/jam. 

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, dalam perbaikan tersebut Tim KAI dibantu oleh tim DJKA Kemenhub, Balai Teknik Perkeretaapian Semarang, dan Satuan Pelaksana Purwokerto. 

Mereka mengerahkan 90 personel dan 8 alat berat. 

Baca Juga: Bahlil Akui Investor Mulai Ragu karena Ada Capres yang Kritik Pembangunan IKN

"Untuk sementara jalur yang bisa dilalui hanya satu jalur (jalur hilir), sementara untuk jalur hulu di titik lokasi yang sama masih belum dapat dilalui perjalanan kereta api, karena masih dalam proses penanganan penyelesaian evakuasi," kata Joni dalam keterangan resminya, Selasa (5/12). 

“KAI juga memohon maaf kepada para pelanggan KA yang terkena dampak keterlambatan akibat perjalanannya harus dilakukan pola operasi memutar,” ujar Joni. 

Sebelumnya, longsor di jalur rel ganda Purwokerto-Cirebon KM 340+100 dilaporkan terjadi pada hari Senin (4/12), pukul 00.58 WIB. Akibat hujan lebat dan saat itu material longsoran menutup jalur hilir, sehingga Tim Gabungan PT KAI Daop 5 Purwokerto langsung melakukan penanganan.

Oleh karena jalur hulu masih dapat dilalui, perjalanan KA dialihkan menjadi menjadi satu jalur melalui jalur hulu.

Baca Juga: Jokowi: Jika Tak Ada Sertifikat Elektronik, Perlu 160 Tahun agar Semua Tanah Bersertifikat

Tapi  pada pukul 04.27 WIB, petugas lapangan KAI melaporkan bahwa kembali terjadi longsoran yang berdampak terhadap jalur hilir maupun jalur hulu, sehingga perjalanan KA dialihkan memutar karena kedua jalur tidak bisa dilalui.


 

Sedikitnya sejak kemarin, terdapat 62 perjalanan KA yang mengalami keterlambatan perjalanan akibat dilakukan rekayasa pola operasi memutar. 

Diantaranya 14 KA memutar melalui jalur lintas Cikampek – Bandung – Kroya, dan 48 KA memutar melalui jalur lintas Cirebon – Semarang – Solo.

Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial @KAI121. 




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x