Kompas TV nasional peristiwa

Imbas Longsor, Kereta Api Jakarta-Yogyakarta Dialihkan Lewat Bandung, Jakarta-Solo Lewat Semarang

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 09:33 WIB
imbas-longsor-kereta-api-jakarta-yogyakarta-dialihkan-lewat-bandung-jakarta-solo-lewat-semarang
Pantauan petugas PT KAI Daop 5 Purwokerto di kondisi longsoran di jalur rel KM 340+100 antara Stasiun Karangandul dan Stasiun Karangsari,Senin (4/11/2023). (Sumber: KAI Purwokerto)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

PURWOKERTO, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengalihkan beberapa perjalanan kereta api imbas longsor yang terjadi di jalur hilir KM 340+100, antara Stasiun Karanggandul dan Stasiun Karangsari, Senin (4/12/2023). Longsor diketahui terjadi saat hujan lebat pada Senin dini hari, sehingga memaksa pengalihan rute beberapa kereta api di lintas selatan.

"Demi keselamatan serta penanganan jalur hilir dan hulu yang terdampak, maka perjalanan kereta api dialihkan memutar melalui lintas utara," ungkap Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih dikutip dari Antara.

Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN Bank BRI untuk S1 Segala Jurusan, Penempatan di Semarang

Feni menjelaskan bahwa pengalihan rute ini mempengaruhi beberapa perjalanan kereta api. Untuk kereta api yang berangkat dari Jakarta menuju Yogyakarta, dan sebaliknya, dialihkan melalui Bandung.

Sementara itu, perjalanan dari Jakarta menuju Solo, atau sebaliknya, dialihkan lewat Semarang.

Baca Juga: Cerita Menko PMK Muhadjir Effendy Kenang Kebaikan Almarhum Doni Monardo

Dari data yang tersedia, tercatat ada 12 kereta api yang rutenya dialihkan, termasuk KA Kamandaka, Sawunggalih, Ranggajati, Argo Semeru, Fajar Utama Yogya, Bengawan, dan lainnya.

KA 155 Kamandaka relasi Purwokerto-Semarang Tawang, KA 147 Sawunggalih relasi Kutoarjo-Pasar Senen, KA 116 Ranggajati relasi Cirebon-Jember, KA 18 Argo Semeru relasi Gambir-Surabaya Gubeng.

Baca Juga: Longsor Tutupi Jalur Kereta APi Karanggandul-Karangsari, Perjalanan Dialihkan Memutar

Kemudian, KA 141 Fajar Utama Yogya relasi Yogyakarta-Pasar Senen, KA 246 Bengawan relasi Pasar Senen-Purwosari, KA 88 Fajar Utama Solo Pasar Senen-Solo Balapan, KA 142 Fajar Utama Yogya relasi Pasar Senen-Yogyakarta, KA 148 Sawunggalih relasi Pasar Senen-Kutoarjo, KA 138 Gajahwong relasi Pasar Senen-Lempuyangan, KA 67 Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir, dan KA 7 Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir.


 

Sebelumnya tim gabungan segera bertindak pasca mendapatkan laporan tentang longsor tersebut pada pukul 00.58 WIB.

Baca Juga: Longsor Humbang Hasundutan, 11 Korban Hilang Masih dalam Pencarian

"Tim Gabungan PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto langsung melakukan penanganan," jelas Feni.

Kemudian pada pukul 04.27 WIB, muncul laporan dari petugas KAI bahwa terjadi longsoran yang berdampak terhadap jalur hilir maupun hulu, sehingga belum bisa dilalui untuk sementara waktu.

Baca Juga: Enceng Gondok Hingga Bebatuan Besar Jadi Kendala Pencarian 11 Korban Longsor dan Banjir Bandang



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.