Kompas TV nasional rumah pemilu

Jubir: Tak Ada Pendiri Demokrat yang Tidak Mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Kompas.tv - 30 November 2023, 07:57 WIB
jubir-tak-ada-pendiri-demokrat-yang-tidak-mendukung-prabowo-gibran-di-pilpres-2024
Bakal capres dan cawapres dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka, mengangkat tangan di depan para pendukung mereka sebelum mendaftarkan diri ke KPU, di Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo/Dita Alangkara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara (Jubir) DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, seluruh kader partai berlambang bintang mercy itu dari yang senior hingga junior berkomitmen menyatakan dukungan kepada capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

Hal ini membantah pemberitaan di publik yang menunjukkan sejumlah pendiri Partai Demokrat mengalihkan dukungan kepada capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. 

"Nama itu bukan pendiri Demokrat. Kami pun baru mendengar namanya. Jangan mengaku-mengaku pendiri. Nama organisasinya pun belum pernah terdengar selama ini di Demokrat," kata Herzaky dalam keterangannya, Rabu (29/11/2023).

"Kami ingatkan, jangan bawa-bawa nama Demokrat, jangan jualan nama Demokrat. Apalagi mengaku didukung oleh sana-sini. Kami sedang cermati dan kumpulkan bukti-buktinya. Sebar-sebar hoaks, akan kami proses lebih lanjut ke ranah hukum," ujarnya.

Baca Juga: SBY Bertemu Kader Demokrat Pekalongan, Semangati Caleg dan Ajak Pilih Prabowo-Gibran 

Herzaky mengimbau kepada masyarakat, untuk berhati-hati dalam memilih-milah berita. Sebab, ketika sudah memasuki masa kampanye seperti sekarang ini, banyak pesakitan yang cari makan dengan jualan nama partainya, padahal bukan, ataupun yang berhak bawa nama Demokrat.

"Kami juga meminta teman-teman media, untuk lebih memfilter berita-berita yang tidak berdasar. Kalau mengaku pendiri Demokrat, tanya dulu Kartu Tanda Anggotanya. Kalau ada, tanya dulu mana dokumen yang menyatakan dia pendiri. Bukan semua berita asal disebar tanpa filter," ujarnya. 

Menurut dia, masyarakat sangat mengandalkan media dalam menyaring berita-berita yang menyesatkan seperti ini. 

"Kami berterima kasih kepada banyak media yang meminta konfirmasi kepada kami terlebih dahulu," katanya.

Herzaky mengakui banyak pihak yang khawatir dengan dukungan Demokrat kepada Prabowo-Gibran. 

"Hanya, tolong jangan main kasar beginilah. Malu seharusnya main framing begini, pakai sebar hoaks pula. Demokrat solid bersama Pak Prabowo. Dukungan ini sudah berulang kali kami tegaskan. Bahkan, di depan publik."

"Ketum kami sendiri, Mas AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), yang menyampaikan. Bahkan, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat sendiri, Bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), juga berulang kali menegaskan dukungannya kepada Pak Prabowo," katanya. 

Prabowo, kata Herzaky pun mengakui Demokrat merupakan partai yang solid mendukungnya pada gelaran pesta demokrasi nanti.

"Pak Prabowo sendiri menegaskan, Demokrat termasuk yang paling semangat mendukung Pak Prabowo," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah pendiri Partai Demokrat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Lintas Pendiri Deklarator Kader (FKLPDK) mengalihkan dukungan ke Ganjar-Mahfud. 


Mereka mencabut dukungan yang telah dideklarasikan untuk Prabowo-Gibran, karena polemik pencalonan Gibran sebagai cawapres dan kontroversi yang terjadi di Mahkamah Konstitusi (MK). 

Baca Juga: Dukung Prabowo Gibran Perangkat Desa Langgar Aturan? | NILUH

Pengalihan dukungan dari Prabowo ke Ganjar-Mahfud itu diumumkan dalam acara yang digelar di Kawasan Jakarta Timur, Selasa (28/11/2023), dan turut dihadiri Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo, Arsjad Rasjid. 

"Yang pasti FKPDLK migrasi ke Ganjar dari Prabowo, mencabut haknya dari Prabowo Saya yakin rakyat setuju dengan apa yang saya katakan," kata Ketua Umum FKLPDK Sahat Saragih seperti dikutip dari Kompas.com.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.