Kompas TV nasional rumah pemilu

Soal Megawati dan Orde Baru, Kaesang Tanya Ada yang Ditangkap karena Menghina Presiden? Ternyata Ada

Kompas.tv - 29 November 2023, 19:47 WIB
soal-megawati-dan-orde-baru-kaesang-tanya-ada-yang-ditangkap-karena-menghina-presiden-ternyata-ada
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dalam jumpa pers di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023). (Sumber: Adhyatsa Dirgantara/Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep merespons Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bahwa penguasa sekarang bertindak seperti Orde Baru. Putra Joko Widodo itu mempertanyakan apakah ada yang ditangkap karena menghina presiden.

Hal tersebut disampaikan Kaesang saat jumpa pers usai menggelar silaturahmi dengan Forum Komunitas Pengemudi Nusantara di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023). Dalam kesempatan itu, Kaesang mendapat pertanyaan dari wartawan mengenai pernyataan Megawati.

“Yang penguasa itu siapa dulu? Definisi penguasa itu siapa? Siapa? Nah (Jokowi), dengan? Dengan Pak Ma’ruf. Di mana?” kata Kaesang, Rabu (29/11).

“Teman-teman semua, saya katakan, di medsos, ngomong sesuatu menghina Pak Presiden ditangkap enggak?” lanjutnya.

Baca Juga: Bawaslu Nyatakan KPU Lakukan Pelanggaran Administratif terkait Keterwakilan Caleg Perempuan

Tiba-tiba, seorang sopir truk yang turut menghadiri jumpa pers menjawab bahwa ada yang ditangkap karena menghina Jokowi.

Kaesang pun mengakui bahwa terdapat kasus penangkapan karena menghina presiden. Namun, menurutnya, penangkapan terjadi karena sudah berlebihan dalam menghina presiden.

“Oke, ditangkap ketika menghina terlalu jauh. Tapi apakah sebuah forum diskusi atau apa yang apa namanya sampai ada orang yang menangkap atau melakukan seperti itu? Ada? Enggak ada toh?” kata Kaesang sebagaimana dikutip Kompas.com.


Sejak Jokowi berkuasa pada 2014, terdapat sejumlah warga yang ditangkap karena dinilai menghina presiden.

Pada Februari lalu, seorang pemuda asal Rokan Hulu, Riau ditangkap polisi usai membuat video yang menghina Jokowi. Sebelumnya, pada Desember 2020, seorang perempuan di Tangerang Selatan juga ditangkap karena dituduh menghina Jokowi.

Kaesang sendiri mengaku tidak tahu apa yang dimaksud Megawati dengan penguasa bertindak seperti rezim Orde Baru. Ia mengaku masih terlalu kecil saat Orde Baru berkuasa.

"Saya enggak tahu maksudnya definisi seperti Orde Baru seperti apa dulu? Karena saya sendiri kan saya tidak mengalami. Karena waktu itu saya masih umurnya kecil, jadi saya enggak mengalami," kata Kaesang.

"Balik lagi, saya tidak hidup di zaman itu. Jadi saya harus tanya ke teman-teman yang di mana definisinya sebelum tanya saya tuh seperti apa," lanjutnya.

Baca Juga: Dengan Tersenyum Jokowi Enggan Tanggapi Pernyataan Megawati soal Penguasa seperti Masa Orde Baru

 



Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.