Kompas TV nasional peristiwa

Antisipasi Caleg Stres Akibat Kalah Pemilu 2024, Sejumlah Rumah Sakit Siapkan Ruangan Khusus

Kompas.tv - 24 November 2023, 20:18 WIB
antisipasi-caleg-stres-akibat-kalah-pemilu-2024-sejumlah-rumah-sakit-siapkan-ruangan-khusus
Ilustrasi RSJD Surakarta. Sejumlah rumah sakit menyediakan ruangan khusus bagi caleg yang stres akibat kalah Pemilu 2024 (Sumber: rsjd-surakarta.jatengprov.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah rumah sakit menyiapkan ruangan khusus untuk mengantisipasi calon legislatif (caleg) yang mengalami stres atau gangguan jiwa akibat gagal dalam pemilihan legistlatif (Pileg) di Pemilu 2024.

Rumah Sakit Oto Iskandar Dinata, Soreang, Bandung Jawa Barat, misalnya,  salah satu rumah sakit yang menyiapkan ruangan khusus untuk caleg yang mengalami gangguan mental.

Tidak hanya itu, pihak RS Oto Iskandar Dinata juga menyiapkan dokter spesialis jiwa dan bagi calon legislatif yang stres usai mengikuti kontestasi Pemilu 2024.

"Kita sebenarnya sudah memiliki dokter spesialis penyakit jiwa, jadi untuk kegiatan pasien-pasien yang kasus ringan itu bisa dilakukan dengan rawat jalan. Rencananya ada 10 ruangan VIP untuk persiapan Pemilu," kata Irfan Agusta, Wadir Pelayanan RSUD Oto Iskandar Dinata dalam tayangan Kompas Petang, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga: Sempat Jadi Buron, Perempuan Muda Mantan Kades Ditangkap Kejaksaan

Layanan yang diberikan RS Oto Iskandar Dinata nantinya ditujukan bagi caleg yang mengalami gangguan kejiawaan seperti gelisah, gemetar dan susah tidur hingga cemas.

Tidak hanya di RS Oto Iskandar Dinata, RSUD dr. Abdoer Rahiem Situbondo, Jawa Timur juga sedang menyiapkan ruangan khusus rawat inap.

Direktur RSUD dr Abdoer Rahiem, Roekmy Prabarini mengatakan saat ini pihaknya sedang membangun ruang rawat inap jiwa untuk pasien dengan gangguan mental psikologis seperti caleg yang stres.

"Saat ini kami dalam pembangunan ruang rawat inap jiwa baik yang akut maupun kronis atau yang ringan," kata Roekmy

Ia menjelaskan bahwa nantinya, ruang rawat inap tersebut juga digunakan untuk semua pasien yang membutuhkan pertolongan jiwa baik rawat jalan maupun rawat inap.

Saat ini, kata Roekmy, RSUD dr Abdoer Rahiem menyiapkan fasilitas seperti poli jiwa yang ditangani oleh psikiater dan psikolog.


 

"Psikolog yang disetiap hari sedangkan psikiater hanya 2 kali seminggu, sedangkan untuk rawan inap yang akut sekarang sudah ada, sementara yang akan kami siapkan pada 2024 nanti adalah rawat inap jiwa baik yang akut, sedang atau hanya gangguan ringan," tutunya.

Roekmy menyebut, ada sejumlah gejala gangguan jiwa yang menurutnya harus mendapat perawatan. Di antaranya, kecemasan berlebihan hingga berhalusinasi.

Baca Juga: Simulasi Bencana Di Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga

"Kecemasan terhadap sesuatu yang tidak jelas, berhalusinasi, mendengar sesuatu, melihat sesuatu atau bahkan dia sudah tidak enak makan, tidak mau mandi, tidak bisa merawat diri atau meracau," ucapnya.

Meski sudah menyiapkan ruangan khusus, Roekmy berharap caleg yang akan bertanding di Pemilu 2024 nanti dapat menerima dengan lapang dada hasil yang akan diperoleh.

"Doa kami semoga semua caleg siap baik menang maupun kalah," kata Roekmy.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x