Kompas TV nasional hukum

Perekat Nusantara dan TPDI Kembali Melaporkan Anwar Usman ke MKMK

Kompas.tv - 24 November 2023, 04:00 WIB
perekat-nusantara-dan-tpdi-kembali-melaporkan-anwar-usman-ke-mkmk
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (18/8/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perekat Nusantara (Persatuan Advokat Nusantara) dan TPDI (Tim Pembela Demokrasi Indonesia)  kembali melaporkan Anwar Usman (AU ) ke MKMK (Mahkamah Kehormatan Mahkamah Konstitusi).

Diketahui, laporan Perekat Nusantara dan TPDI terkait dugaan Pelanggaran Kode Etik yang dilakukan oleh Hakim Konstitusi Anwar Usman (AU), telah diterima Ketua MK pada hari Rabu (23/11) di MK.

Dasar Pelaporan PEREKAT NUSANTARA dan TPDI, ke MK karena pasca Putusan MKMK No.2/MKMK/L/10/ 2023, pada 7 November 2023, di mana AU dijatuhi sanksi Pemberhentian dari Jabatan Ketua MK, namun besoknya pada 8 November, AU menggelar Konferensi Pers di hadapan wartawan, menyampaikan curhat, pembelaan diri, kecaman kepada koleganya dan fitnah kepada MK dan Hakim-Hakim Konstitusi lainnya.

Koordinator Perekat Nusantara dan TPDI Petrus Selestinus menilai, pasca diberhentikan dari jabatan Ketua MK, AU terus melakukan manuver murahan yang semakin merusak marwah MK di mata publik. 

Padahal AU seharusnya tahu bahwa pasca Putusan MK No.90/PUU-XXI/ 2023, tanggal 16/11/2023, telah menyebabkan marwah MK berada di titik nadir kehancuran.

"Namun pada saat kolega-kolega AU dan Ketua MK yang baru Suhartoyo, Wakil Ketua MK Saldi Isra dan 7 Hakim Konstitusi termasuk AU tengah membenahi, namum AU dalam waktu yang bersamaan melakukan manuver yang merusak marwah MK itu sendiri dengan menebar 17 pernyataan yang tanpa dasar dan keberatan atas pelantikan Ketua MK."

"Temuan Perekat Nusantara dan TPDI bahwa AU pada 8 November, atau sehari setelah MKMK membacakan Putusan Pemberhentiannya dari Ketua MK, langsung menggelar Konferensi Pers di MK menyampaikan keluhan, keberatan dan sejumlah tuduhan yang diduga sebagai manuver merusak marwah MK dan fitnah kepada seluruh Hakim MK sejak era Ketua MK Jimly Asahiddiqie sampai dengan Arief Hidayat," tulis Petrus melalui rilis resmi yang diterima oleh Kompas.tv, Kamis sore.

Lalu menurut Petrus, dalam Konferensi Pers tanggal 8 November di MK, AU mengemukakan 17 butir pernyataan sikap, yang isinya tidak saja sebagai bentuk pembelaan dirinya, akan tetapi juga sekaligus mendiskreditkan para mantan Ketua MK berikut seluruh Hakim Konstitusi sejak tahun 2003 sampai sekarang bahkan telah merongrong wibawa MK.

Baca Juga: Jadi Tersangka Kasus Pemerasan Eks Mentan SYL, Kapan Firli Bahuri Diperiksa?

Katanya, AU dengan enteng membawa-bawa nama Tuhan dalam soal jabatan Ketua MK, bahwa jabatan itu milik Allah SWT, sehingga tidak sedikitpun membebani dirinya, namun sekarang malah menolak Putusan MKMK tanpa dasar hukum dan terakhir keberatan terhadap pelantikan Hakim Konstitisi Suhartoyo sebagai Ketua MK tanpa alasan hukum sama.sekali.

"Apa yang dilakukan oleh AU, sebagai bagian dari kepanikan, ketidaksiapan AU saat kehilangan jabatan yang prestisius sebagai Ketua MK, meski tetap sebagai Ipar Presiden Jokowi. Namun, AU nampak seperti sedang mengidap kepribadian ganda sehingga sikapnya selalu berubah, labil dan cenderung tidak rational."


 

Ia mencontohkan, ketika pada (7/11/2023), saat MKMK membacakan Putusan Pemberhentian AU dari jabatan Ketua MK, mestinya AU mengajukan banding dengan meminta disiapkan MK Banding, akan tetapi upaya banding itu sama sekali tidak dilakukan, malahan AU lebih bernafsu mengumbar aib-aib MK dan memfitnah koleganya sendiri melalui apa yang disebut "Trial By The Press".

"Publik mengira-ngira, apakah AU sering beralasan sakit, tidak menghadiri sidang, tidak menghadiri pelantikan Ketua MK, sebagai pelaksanaan Putusan MKMK, sebagai manuver murahan mengabaikan standar negarawan seorang Hakim Konstitusi, bahkan harus dipandang sebagai momen penting membangun harmonisasi antar sesama Hakim MK," sambung Petrus.

Petrus melanjutkan, sebagian orang bertanya-tanya, jangan-jangan AU sedang mengalami apa yang disebut "berkepribadian ganda" atau "multiple personality disorder", karena sikapnya berubah-ubah inkonsisten sehingga tidak mencirikan watak seorang negarawan.

"Alasan atas, pertanyaan itu, karena AU selalu tidak konsisten pada suatu pilihan sikap, di mana di satu sisi AU berdalil dan mengakui bahwa jabatan itu hanya milik Allah SWT, akan tetapi pada saat yang bersamaan AU ngotot dan keberatan atas jabatam Ketua MK yang hilang dan kini dipimpin Ketua MK Suhartoyo, yang legitimasinya sangat kuat karena pelaksanaan putusan MKMK dan hasil pilihan 8 Hakim Konstitusi minus AU," jelasnya.

Oleh karena itu, maka Advokat-Advokat Perekat Nusantara dan TPDI yang terdiri dari (Petrus Selestinus, Erick S. Paat, Careel Ticualu, Robert B. Keytimu, Pitri  Indriningtyas, Roslina Simangunsong, Paskalis A. Da Chunha, Ricky Moningka dan kawan-kawan, melaporkan kembali AU ke MKMK agar sebelum diberhentikan dari Hakim Kosntitusi secara permanen, dinonaktifkan sementara hingga putusan MKMK definitif.

Baca Juga: Apa Alasan Anwar Usman Keberatan Suhartoyo Jadi Ketua MK?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x