Kompas TV nasional peristiwa

Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia 21 November, Ini Daftar Wilayah Hujan Lebat dan Angin Kencang

Kompas.tv - 21 November 2023, 10:08 WIB
waspada-cuaca-ekstrem-di-indonesia-21-november-ini-daftar-wilayah-hujan-lebat-dan-angin-kencang
Ilustrasi cuaca esktrem berupa hujan lebat menyebabkan banjir. (Sumber: Komaps TV/Ant/Aji Styawan)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia, termasuk hujan lebat, angin kencang, dan petir hari ini, Selasa (21/11/2023).

Cuaca ekstrem yang dipicu oleh sirkulasi siklonik di Laut China Selatan dan wilayah Filipina bagian selatan diprakirakan akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Kementan Ungkap Hasil Uji Cuaca Panas ke Varietas Padi Hingga Jagung Teratas

Sumber Cuaca Ekstrem: Sirkulasi Siklonik dan Konvergensi

Sirkulasi siklonik ini telah teridentifikasi di barat laut Kalimantan Barat dan sekitar Filipina bagian selatan, membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di beberapa kawasan maritim.

Dalam rilisnya, BMKG menjelaskan bahwa kondisi ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut.

Baca Juga: Saung Angklung Udjo Wisata Budaya dan Edukasi

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," jelas BMKG, Selasa.

Selain itu, BMKG juga memantau adanya daerah konvergensi lain yang terpantau dari pesisir barat Sumatera Utara hingga Aceh, Jawa Timur ke Jawa Tengah, dan dari Papua tengah ke Papua Barat.

Daerah pertemuan angin (konfluensi) juga terdeteksi di Laut China Selatan dan Samudera Pasifik utara Maluku Utara, yang juga meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Baca Juga: Daftar Provinsi yang Sudah Umumkan Besaran Kenaikan UMP 2024, Ada Jawa Timur hingga Bali

Daftar Wilayah Terdampak Cuaca Ekstrem

BMKG menyarankan masyarakat di wilayah-wilayah tertentu untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem.

Wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat, angin kencang, dan petir pada 21-22 November 2023 yang meliputi berikut ini.

  • Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.
  • Sementara itu, wilayah seperti Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat juga berpotensi mengalami hujan, angin kencang, dan petir.

Baca Juga: Besaran UMP DKI Jakarta 2024 Diumumkan Hari Ini, Ini 3 Usulannya


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x