Kompas TV nasional rumah pemilu

Kala Mahfud Bertemu Jokowi saat Ziarah ke Makam Ayahanda di Pamekasan

Kompas.tv - 19 November 2023, 05:05 WIB
kala-mahfud-bertemu-jokowi-saat-ziarah-ke-makam-ayahanda-di-pamekasan
Cawapres Mahfud MD menyapa anggota Binmas dari jajaran Polres Pamekasan, Jawa Timur usai ziarah ke makam ayahanda H Mahmodin di Dusun Seccang, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (18/11/2023). (Sumber: Instagram Mahfud MD)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

MADURA, KOMPAS.TV - Ziarah ke makam ayahanda, H Mahmodin, di Dusun Seccang menjadi sebuah tradisi ritual cawapres Mahfud MD jika pulang ke kampung halaman di Pamekasan, Madura, Jawa Timur. 

Ziarah makam ayahanda ini dilakukan Mahfud sebelum menghadiri doa bersama di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-guluk dan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep. 

Mahfud menjelaskan, dalam setahun, dirinya hanya dua kali pulang kampung dan selalu ziarah ke makam sang ayah di Dusun Seccang, Desa Plapak, Pegantenan, Pamekasan, Madura. 

Mahfud MD datang ke makam ayahnya bersama keluarga besarnya, ibunda Mahfud MD, Siti Khadidjah dan istri Zaizatun Nihayati. 

Saat menuju pemakaman, Mahfud MD berjalan kaki dari Dusun Seccang. Kedatangan tokoh Madura yang juga menjabat Menko Polhukam RI ini disambut riuh masyarakat setempat.

Baca Juga: Mahfud MD Luruskan Definisi Politik Identitas Saat Beri Kuliah Umum di Unand

Masyarakat setempat berduyun-duyun ikut berjalan kaki mengiringi Mahfud MD sampai ke pemakaman ayahnya, Mahmodin.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran masyarakat untuk berdoa bersama di makam ayah saya," ujar Mahfud usai ziarah, Sabtu (18/11/2023). 

Mahfud juga meminta doa restu masyarakat yang ikut berziarah agar langkahnya menjadi orang nomor dua di Indonesia berjalan baik dan lancar. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir, saya titip kampung ini, mudahan-mudahan kampung ini akan menuliskan namanya di dalam sejarah Indonesia. Terima kasih, mator sakalangkong (terima kasih, -red)," ujar Mahfud.

Bertemu Jokowi

Selepas ziarah, Mahfud mendapati anggota polisi bernama Jokowi yang ikut bertugas dalam pengamanan kedatangan Mahfud ke makam sang ayah.

Baca Juga: Mahfud Dilaporkan ke Bawaslu soal Pantun "Gotong Royong Pilih Nomor 3", TPN: Konteksnya Perkenalan

Dengan penasaran, Mahfud pun menanyakan langsung apakah benar nama anggota Binmas tersebut bernama Jokowi.

Sambil tersenyum, anggota Binmas dari jajaran Polres Pamekasan itu menegaskan, nama aslinya memang Jokowi. Momen Mahfud bertemu dengan Aiptu Jokowi itu diabadikan dan diunggah ke akun instagram pribadi Mahfud @mohmahfudmd, Sabtu (18/11/2023). 

"Saya berjumpa Pak Jokowi di Madura tadi siang. Saat saya hendak nyekar makam ayahanda di Dusun Plakpak, Pamekasan. Tiba-tiba Pak Jokowi yang sedang bertugas tersenyum pada saya. Saya membalas senyumnya sambil bertanya apa betul namanya Jokowi. Dia bilang iya, namanya asli Jokowi. Persisnya, Aiptu Jokowi, personel Polri yang ikut bertugas dalam pengamanan kedatangan saya di makam," tulis Mahfud dalam keterangan foto yang diunggahnya. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x