Kompas TV nasional rumah pemilu

Jadwal Uji Publik Capres-Cawapres Muhammadiyah Diubah, Prabowo-Gibran Jadi 24 November

Kompas.tv - 18 November 2023, 12:15 WIB
jadwal-uji-publik-capres-cawapres-muhammadiyah-diubah-prabowo-gibran-jadi-24-november
Bakal capres dan cawapres dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto (kanan) dan Gibran Rakabuming Raka, mengangkat tangan setelah mendaftarkan diri di kantor KPU di Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo/Tatan Syuflana)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jadwal uji publik calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang diselenggarakan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah untuk pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diubah.

Sebelumnya, Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengundang pasangan Prabowo-Gibran untuk menghadiri uji publik pada 21 November 2023 di Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM, Jawa Timur.

Akan tetapi, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengatakan, Prabowo tidak bisa mengikuti uji publik pada tanggal tersebut karena ada tugas negara sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan bahwa Prabowo harus terbang ke negara tetangga Indonesia, Singapura, pada 21 November.

"Tanggal 21 (November) ada tugas negara, Bapak harus bertemu dengan Menteri Pertahanan Singapura dan bertemu dengan perdana menteri sama Bapak Presiden Singapura di Singapura," kata Nusron di Slipi, Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Ia mengatakan, TKN Prabowo-Gibran sudah berkomunikasi dengan Sekum PP Muhammadiyah Mu'ti untuk bernegosiasi terkait waktu diskusi publik capres-cawapres. 

"Oleh Pak Mu'ti dikasih waktunya yang penting sebelum masa kampanye, tetapi saya pastikan tanggal 21 Beliau tidak bisa, tapi sudah saya sampaikan ke Pak Mu'ti untuk negosiasi waktu," ujarnya dilansir dari Kompas.com.

Abdul Mu'ti pun memastikan pihaknya mengubah jadwal uji publik Prabowo-Gibran pada 24 November 2023.

"Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Jumat 24 November pukul 09.00-11.00 di Universitas Muhammadiyah Surabaya," kata Mu'ti melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Sabtu (18/11/2023).

Baca Juga: Adik Prabowo Sebut Dugaan Korupsi di Kemenhan Bukan Hal Baru: Saya Sudah Bicara Itu 3 Tahun Lalu

Sebelumnya, PP Muhammadiyah mengundang tiga capres dan cawapres untuk mengikuti uji publik di kampus-kampus Muhammadiyah.

Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti pada Kamis (9/11/2023) telah mengantarkan undangan Uji Publik atau Dialog Publik ke tiga pasangan capres-cawapres yang akan maju Pilpres 2024.

Rencananya, tiga capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dan Prabowo-Gibran diundang untuk mengikuti Dialog Publik pada 21 - 23 November 2023 di tiga universitas.

Akan tetapi, Mu'ti memastikan adanya perubahan jadwal uji publik tersebut menjadi 22 - 24 November 2023.

Uji publik pertama akan menghadirkan Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Rabu 22 November pukul 09.00-11.00 di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah. 

Kemudian, Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan mengikuti uji publik pada Kamis 23 November pukul 13.00-15.00 di Universitas Muhammadiyah Jakarta. 


Terakhir, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan mengikuti uji publik pada Jumat 24 November pukul 09.00-11.00 di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur. 

Baca Juga: Airin Ditunjuk Pimpin TKD Prabowo-Gibran di Banten, Kang Emil di Jawa Barat

Ia menyampaikan, pihaknya menyelenggarakan uji publik yang bertempat di kampus agar pasangan bacapres-bacawapres mampu memaparkan visi, misi, dan program serta berdialog langsung dengan warga maupun pimpinan persyarikatan Muhammadiyah.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x