Kompas TV nasional rumah pemilu

Kapolri Persilakan Masyarakat Lapor Jika Temukan Anggota Polri Melanggar saat Pengamanan Pemilu

Kompas.tv - 15 November 2023, 11:07 WIB
kapolri-persilakan-masyarakat-lapor-jika-temukan-anggota-polri-melanggar-saat-pengamanan-pemilu
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (12/4/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube DPR RI.)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mempersilakan masyarakat untuk melapor jika menemukan ada anggota Polri yang melakukan pelanggaran saat melakukan kegiatan pengamanan tahapan pemilihan umum (pemilu).

Pernyataan Kapolri tersebut disampaikan dalam jumpa pers usai kegiatan penyematan tanda kehormatan Bintang Yudha Dharma Utama di Istana Wakil Presiden (Wapres), Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Dalam penjelasannya, Listyo mengatakan, Polri akan melakukan penjagaan serta pengawalan mulai dari dimulainya tahapan, proses distribusi, tempat pemungutan suara (TPS) hingga proses sengketa Pemilu.

Baca Juga: Bawaslu: Pemilu Ini Harus Diawasi karena Pasti Ada Potensi Kecurangan

Ia menyebut jika jajaran kepolisian di wilayah Indonesia melaksanakan patroli, hal itu sepenuhnya dalam rangka memastikan pengamanan, tanpa kepentingan apa pun.

"Tentunya ini yang kemudian menjadi pertanyaan kenapa pada saat ini melaksanakan patroli, jadi itu semua kita lakukan dalam rangka, kerangka pengamanan. Tidak lebih dari itu," tegasnya dikutip dari keterangan tertulis.

Ia menegaskan, masyarakat jangan segan melapor jika menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh jajaran berkaitan dengan pengamanan tersebut, dengan disertai data dan bukti yang kuat.

"Dan kalau ada pertanyaan kalau kemudian ada yang melanggar komitmen tersebut ya silahkan saja dilapor.”

“Tentu akan kita proses. Namun sebaliknya, tentu harus ada bukti yang cukup jangan hanya framing hanya isu, tapi ada bukti," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menegaskan komitmen Korps Bhayangkara dalam menjamin keamanan seluruh rangkaian tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Polri, kata dia, bertugas dan bertanggung jawab melakukan pengamanan di seluruh tahapan pemilu agar tetap aman, damai serta kondusif.

Baca Juga: Fahri Hamzah Tanggapi Megawati soal Kecurangan di Pemilu 2024: Kita Belum Tahu Cara Curang

Polri, lanjut dia, telah melakukan pengamanan sejak dimulainya tahapan awal hingga berakhirnya pelaksanaan Pemilu 2024.

Bahkan, dalam rangka memastikan keamanan pesta demokrasi, Polri telah melaksanakan Operasi Mantap Brata.


 

"Dan saya kira ini bukan hanya dilaksanakan pada Pemilu kali ini. Jadi dari semenjak Pemilu ada, maka, Polri mendapatkan tugas untuk melaksanakan pengamanan tahapan Pemilu," kata dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x