Kompas TV nasional rumah pemilu

Kampung Susun Akuarium Jadi Contoh Anies Soal Masalah Hunian Berkeadilan

Kompas.tv - 10 November 2023, 22:46 WIB
kampung-susun-akuarium-jadi-contoh-anies-soal-masalah-hunian-berkeadilan
Kampung Susun Akuarium yang kini akan ditempati dan dikelola warga korban penggusuran. (Sumber: TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kampung Susun Akuarium, penjaringan Jakarta Utara jadi salah satu contoh yang dipaparakan bakal Capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan,  saat menjadi pembicara acara talkshow bersama Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi). 

Anies menjelaskan Kampung Akuarium merupakan salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan rasa keadilan dalam bidang permukiman warga.

Bahkan dalam dua minggu lalu, program yang digagas Anies saat memimpin DKI Jakarta itu mendapatkan penghargaan "innovation awards" nomor satu kategori civil society housing program dalam pertemuan Asia-Pasific Housing ke-9. 

"Ketika kita mengatakan ideologinya adalah ideologi menghadirkan keadilan itu, kami menginginkan pasar itu bisa tumbuh, bukan hanya free tapi fair. Dan negara hadir untuk membuat free dan fair itu tercipta," ujar Anies dalam pemaparannya di acara talkshow Apersi, Jumat (10/11/2023).

Anies menambahkan selain memberi keadilan perumahan bagi warga Jakarta, sistem transportasi juga dibangun dengan idiologi yang sama. 

Baca Juga: Bawa Air dan Tanah Kampung Akuarium ke IKN Nusantara, Ini Kata Anies

Ia menjelasakan di DKI telah terbangun sistem transportasi dari segi bisnis dan segi pelayanan dapat berjalan beriringan. 

Menurutnya dalam membangun keadilan sosial ini negara memang harus mengeluarkan anggaran cukup. Namun di sanalah fungsi negara bagi masyarakat. 

"Negara itu tidak mencari untung, tapi negara itu membantu memberikan manfaat dengan menggerakkan perekonomian," ujar Anies. 

Lebih lanjut Anies mengakui generasi muda saat sulit untuk mendapatkan hunian lantaran terbentur urusan adminstrasi KPR. Apalagi generasi muda yang berstatus pekerja independen atau pekerja informal. 

Menurutnya ke depan sistem KPR direformasi sehingga bisa diakses oleh semua. Seperti kemudahan dalam mekanisme KPR bagi generasi muda atau rumah tangga baru hingga suku bunga lebih terjangkau.  

Baca Juga: [FULL] Anies Baswedan Bicara di Dewan Pengurus Pusat APERSI, Singgung Reformasi KPR?

"Arahnya adalah kita ingin KPR untuk semua itu yang kami luncurkan hari ini, dan harapannya ini akan bisa menjadi solusi bagi kebutuhan perumahan bagi masyarakat," ujar Anies. 

"Persoalan perumahan ini insya Allah ini jadi komitmen kita. Bila kita menyelesaikan persoalan perumahan, maka kita menyelesaikan sebagian besar masalah kemiskinan," ujar Anies. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x