Kompas TV nasional rumah pemilu

Ramai Soal CCTV Kantor KPU Terkoneksi dengan Polres di Jawa Timur, Hasyim Asy'ari Ungkap Alasannya

Kompas.tv - 10 November 2023, 19:41 WIB
ramai-soal-cctv-kantor-kpu-terkoneksi-dengan-polres-di-jawa-timur-hasyim-asy-ari-ungkap-alasannya
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asyari. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menjelaskan alasan pihaknya mengkoneksikan CCTV di kantor KPU dengan sejumlah Polres di Jawa Timur. 

Ia menyebut, pemasangan itu bertujuan menjaga keamanan yang lebih baik dan sebagai bentuk kerjasama antara KPU dengan Polri dalam menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024.

“Pemasangan CCTV dan akses CCTV oleh Polisi sepengetahuan Pimpinan KPU Pusat dan Pimpinan Polri, dan hal tersebut merupakan perwujudan dan pelaksanaan kerja sama antara KPU dan Polri sebagaimana MoU yang telah ditandatangani oleh Ketua KPU dengan Kapolri pada 29 Desember 2022 yang lalu,” kata Hasyim kepada wartawan, Jumat (10/11/2023). 

Baca Juga: Logistik Pemilu 2024 Tiba di Semarang, KPU Siap Distribusikan ke 4.646 TPS

Hasyim mengatakan, dalam Undang-Undang Pemilu diamanatkan bahwa pengamanan adalah wewenang polisi. Hal tersebut meliputi personil, aset dan logistik, seperti proses produksi, distribusi dan penggudangan.

“Berdasarkan hal tersebut maka wajar pemasangan CCTV atau akses CCTV oleh Polisi di kantor KPU dan gudang logistik pemilu,” ujar Hasyim.

Dia menambahkan, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan oleh publik karena semata demi menjaga keamanan dari tindak kriminal.

“Jadi hal tersebut adalah wajar, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan bukan fakta janggal,” ujarnya.

Sebagai informasi, Polres Blitar Kota memasang kamera CCTV di gudang logistik milik KPU Kota Blitar. Pemasangan kamera CCTV di gudang logistik sebagai bentuk pengamanan terhadap obyek vital menjelang penyelenggaraan Pemilu 2024.

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo PS mengatakan ada empat hal yang menjadi sasaran dalam Operasi Mantap Brata Semeru 2023/2024, yaitu pengamanan terhadap orang, benda, kegiatan dan lokasi.

Khusus pengamanan terhadap lokasi, yaitu terhadap sejumlah obyek vital, antara lain kantor KPU Kota Blitar, kantor Bawaslu, kantor Wali Kota, PLN, sentra pelayanan, sentra ekonomi dan termasuk gudang logistik KPU.

Dalam melakukan pengamanan obyek vital, polisi juga memanfaatkan teknologi berupa CCTV. 

Saat ini, obyek vital yang sudah terpasang kamera CCTV dan terkoneksi dengan Posko Operasi Mantab Brata Polres Blitar Kota, yakni, gudang logistik milik KPU.

Baca Juga: 18 Ribu Lebih Bilik Suara Tiba di Gudang KPU Kota Semarang

Sedangkan untuk obyek vital lain termasuk kantor KPU Kota Blitar masih belum terpasang CCTV. 

"Pemasangan CCTV ini sudah melalui koordinasi dengan KPU Kota Blitar dengan mempertimbangkan faktor keamanan," kata Danang dikutip dari TribunJatim.com, Jumat (10/11).


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x