Kompas TV nasional politik

Suhartoyo Gantikan Anwar Usman, Ganjar: Semoga Muruah MK Kembali seperti Semula

Kompas.tv - 9 November 2023, 15:28 WIB
suhartoyo-gantikan-anwar-usman-ganjar-semoga-muruah-mk-kembali-seperti-semula
Bakal capres dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo (kiri) bersama bakal cawapresnya, Mahfud MD, mengepalkan tangan dalam acara deklarasi pasangan capres dan cawapres di Jakarta, Rabu, 18 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo/Tatan Syuflana)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal capres dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, turut mengucapkan selamat atas terpilihnya Suhartoyo menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Anwar Usman pada hari ini, Kamis (9/11/2023). 

Diketahui, Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) telah menjatuhkan sanksi pencopotan dari jabatan Ketua MK kepada Anwar pada Selasa (7/11/2023).

Ganjar berharap Suhartoyo mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap MK, sehingga muruah lembaga penegak konstitusi itu bisa pulih seperti semula.

Baca Juga: Suhartoyo soal Desakan Agar Anwar Usman Mundur: Tunggu Saya Jadi Ketua Hakim MK

"Selamat bekerja (kepada Hakim MK Suhartoyo), mudah-mudahan bisa membawa muruah MK kembali seperti semula," kata mantan gubernur Jawa Tengah itu kepada wartawan, Kamis. 

Suhartoyo terpilih menjadi Ketua MK menggantikan Anwar, dalam musyawarah hakim konstitusi yang dilaksanakan Kamis.

Hasil musyawarah tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua MK Saldi Isra dalam konferensi pers usai pemilihan Ketua MK.

Saldi mengatakan, berdasarkan musyawarah sembilan hakim MK, hanya dua yang bersedia menjadi Ketua MK, yakni dirinya dan Suhartoyo.

“Akhirnya, pertemuan tadi memunculkan dua nama, memunculkan dua nama, satu, karena yang lain menyatakan tidak bersedia jadi ketua, sehingga memunculkan dua nama,” ujarnya.

“Nama yang muncul itu adalah, satu, secara berurutan, Saldi Isra, kedua S lagi, Bapak Dr Suhartoyo, itu dua nama yang muncul.”

Keduanya kemudian melakukan musyawarah untuk menentukan siapa yang akan menjadi Ketua MK, dan disepakati bahwa Suhartoyo yang menggantikan Anwar Usman.

“Jadi tujuh dari sembilan Hakim Konstitusi meninggalkan ruangan. Tinggallah saya bersama Yang Mulia Bapak Suhartoyo dalam ruangan untuk mendiskusikan.”

Baca Juga: Gantikan Anwar Usman, Intip Harta Kekayaan Ketua MK Baru Suhartoyo

“Akhirnya kami berdua sampai kepada putusan bahwa yang disepakati adalah untuk menjadi ketua MK ke depan adalah Bapak Dr Suhartoyo dan saya tetap menjalanakn tugas sebagai wakil ketua,” tuturnya.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x