Kompas TV nasional peristiwa

Prakiraan Cuaca Hari Ini: Cek Wilayah Hujan dan Cerah Berawan di Sejumlah Kota Besar Tanah Air

Kompas.tv - 8 November 2023, 09:41 WIB
prakiraan-cuaca-hari-ini-cek-wilayah-hujan-dan-cerah-berawan-di-sejumlah-kota-besar-tanah-air
Ilustrasi hujan. (Sumber: Freepik)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami berbagai intensitas hujan, Rabu (8/11/2023). Sebagian besar kota besar dilaporkan mengalami hujan dari yang ringan hingga yang lebat.

Prakirawan BMKG Kania Mustikawati mengungkapkan adanya peringatan dini tentang bibit siklon tropis 94W yang terpantau di Laut Filipina.

Walaupun peluang untuk meningkat menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dikategorikan rendah, masyarakat diimbau untuk tetap waspada.

Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Sepekan Kedepan, 26 Wilayah Ini Berpotensi Alami Hujan Lebat

"Potensi bibit siklon 94W untuk tumbuh menajdi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah," ujarnya dikutip dari Antara.

Di Pulau Jawa, cuaca diprakirakan akan cerah berawan hingga berawan, terutama di kota-kota besar seperti DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Namun, potensi hujan ringan masih ada dan patut diwaspadai di Kota Serang.

Sementara, Kepulauan Sumatera akan mengalami hujan ringan di beberapa kota seperti Banda Aceh, Pekanbaru, dan Tanjungpinang.

Baca Juga: Ini Prakiraan BMKG Wilayah yang Dilanda Hujan Awal November 2023

Namun, warga Kota Medan perlu bersiap untuk hujan dengan intensitas sedang. Kota Padang perlu mewaspadai kemungkinan hujan lebat yang dapat terjadi.


Di Pulau Kalimantan, hujan ringan diperkirakan akan menyapa Kota Tanjung Selor, Samarinda, Palangkaraya, dan Banjarmasin. Namun, kondisi cuaca di Pontianak perlu diwaspadai karena ada potensi hujan disertai petir.

Kota Kendari dan Makassar di Pulau Sulawesi akan mengalami cuaca cerah berawan. Namun, hujan ringan masih mungkin terjadi di Gorontalo, Palu, dan Mamuju. Kota Manado khususnya harus waspada akan hujan disertai petir.

Cuaca berawan akan menjadi pemandangan umum di Kota Ambon. Sementara itu, hujan ringan berpeluang mengguyur kota-kota seperti Ternate, Manokwari, dan Jayapura.

Baca Juga: BMKG: Masih Pancaroba, Awal Musim Hujan Jakarta Diprediksi 11-20 November

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x