Kompas TV nasional sapa indonesia

Pejuang Literasi Dirikan Sekolah Gratis Hingga Hasilkan Ratusan Lulusan Sudah Kerja

Kompas.tv - 22 April 2019, 15:00 WIB
Penulis : Desy Hartini

Seorang pejuang literasi mendirikan sekolah kesetaraan gratis yang diperuntukkan bagi anak putus sekolah di wilayah pesisir pantai Kota Manado, Sulawesi Utara. Sekolah gratis ini bahkan sudah menghasilkan ratusan lulusan yang dipekerjakan di sejumlah tempat. Sekolah kesetaraan gratis digagas oleh seorang aktivis perempuan yang peduli terhadap dunia pendidikan.

Sekolah ini memang belum memiliki gedung sendiri sehingga harus meminjam fasilitas milik pemerintah, yakni kantor kelurahan Maasing, Kecamatan Tuminting. Kantor ini menjadi salah satu tempat kegiatan belajar mengajar bagi sekolah kesetaraan gratis ini.

Dalam sepekan, aktivitas belajar dilakukan sebanyak dua kali dengan jumlah siswa rata-rata mencapai 30 hingga 40 anak putus sekolah. Sekolah ini menawarkan pendidikan paket A setara SD, paket B setara SMP, dan paket C setara SMA.

Metode mengajar dilakukan secara informal dengan melibatkan para relawan sebagai tenaga pengajar. Para relawan ini berasal dari guru, dosen, maupun mahasiswa yang peduli terhadap anak putus sekolah.

#Literasi #SekolahGratis #Manado




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x