Kompas TV nasional politik

Gibran Batal Dilantik di HUT Golkar, Airlangga: Tunggu Saja Ada Waktunya

Kompas.tv - 7 November 2023, 10:28 WIB
gibran-batal-dilantik-di-hut-golkar-airlangga-tunggu-saja-ada-waktunya
Momen Gibran Rakabuming Raka terima surat keputusan Rapimnas Golkar yang memutuskan dirinya sebagai cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024, Sabtu (21/10/2023). (Sumber: YouTube/Kabar Golkar)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP Partai Golkar belum memberikan kepastian terkait masuknya Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka ke Golkar. 

Rencanaya pengumuman Gibran masuk Golkar akan dilaksanakan pada puncak acara hari ulang tahun ke-59 Partai Golkar. Namun Gibran tidak diundang di acara yang digelar di DPP Partai Golkar, Senin (6/11/2023).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjelaskan pihaknya memang tidak membuat acara pengumuman soal kader baru yang masuk. 

Menurut Airlangga acara tersebut memang difokuskan untuk memperingati hari ulang tahun dan tidak acara pengumuman Gibran. 

Ia menilai Partai Golkar sebelumnya sudah mendeklarasikan Gibran sebagai Cawapres Prabowo Subianto di acara Rapimnas. Hal tersebut sudah mewakili keputusan Golkar terhadap Gibran. 

Baca Juga: PDIP Ungkap Dilema Bobby Nasution Dukung Prabowo-Gibran Tapi Tak Pindah Partai

"Kan sudah diumumkan dalam Rapimnas jadi cawapres. Itu sudah cukup," ujar Arilangga, di sela acara HUT Golkar, Senin (6/11/2023).

Airlangga juga menanggapi absennya Gibran dalam acara perayaan HUT Golkar. Menurutnya kehadiran Gibran sudah terwakilkan oleh Prabowo Subianto sebagai bakal Capres. 

"Kan sudah ada capres (Prabowo) dan Pak Presiden. Ini acara keluarga (Golkar), kenapa? Kan enggak semua harus lengkap," ujar Airlangga.

Airlangga menambahkan ada kemungkinan pihaknya akan mengelar acara terkait pengumuman Gibran masuk ke Golkar. 

Namun hal ini akan melihat perkembangan, sebab setelah Prabowo Gibran sudah mendaftarkan diri ke KPU sebagai calon pasangan presiden dan wakil presiden, Golkar bersama partai lain di Koalisi Indonesia Maju (KIM) lebih fokus ke kemenangan di Pilpres 2024. 

Baca Juga: Politisi PDIP Sebut Prabowo-Gibran Cerminan Neo-Orde Baru, Waketum Gerindra: 'Jogetin' Saja

"Itu ada waktunya nanti, sabar-sabar dulu saja. Tunggu saja, kita sabar," ujar Airlangga. 

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono menyebut bahwa Gibran akan diumumkan sebagai kader Golkar pada acara HUT ke-59 Golkar. 

Namun, rencana tersebut batal karena Gibran tidak hadir dalam acara itu. Sedangkan PDI-P blak-blakan menyebut Gibran sudah tak menjadi bagian dari partai berlambang banteng itu. 

"Maka otomatis Mas Gibran karena mencalonkan diri bersama Bapak Prabowo jadi sudah tidak menjadi keluarga dari PDI Perjuangan," kata Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto usai melakukan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) PDI-P di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (5/11/2023).


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x