Kompas TV nasional peristiwa

Aksi Bela Palestina di Monas Jakarta, Menag Ajak Salat Gaib untuk Doakan Korban di Palestina

Kompas.tv - 5 November 2023, 13:13 WIB
aksi-bela-palestina-di-monas-jakarta-menag-ajak-salat-gaib-untuk-doakan-korban-di-palestina
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (tengah) dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh umat Islam melaksanakan salat gaib untuk mendoakan warga sipil Palestina yang mati syahid akibat serangan militer Israel.

Ajakan ini disampaikan Yaqut dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023).

"Kita semu berkumpul di sini karena kita mencintai bangsa dan rakyat Palestina, oleh karena kita mencintai rakyat Palestina," kata Yaqut.

"Oleh karena itu saya hanya ingin mengajak Bapak Ibu sekalian, semua saudara-saudara saya untuk bersama-sama melakukan salat gaib untuk para syahid yang menjadi korban agresi Israel di Palestina," sambungnya.

Menag juga mengajak masyarakat Indonesia untuk mendoakan bangsa Palestina agar segera mendapatkan kemerdekaan, keadilan, dan kedamaian

"Dan sekaligus mendoakan agar bangsa palestina segera mendapatkan kedamaian, keadilan, dan kemerdekaannya," ucapnya.

Selain Menag Yaqut, hadir pula Ketua DPR RI Puan Maharani.

Di mana dalam kesempatan itu, Puan mengungkapkan, mengutuk keras serangan Israel kepada rakyat Palestina.

"Karenanya, saya berdiri di sini sebagai Ketua DPR RI menyampaikan mengutuk dan menyampaikan sikap tegas saya menolak kekejaman agresi militer bangsa Israel yang telah membombardir pemukiman penduduk, rumah sakit, sekolah, rumah ibadah, serta bentuk ketidakadilan lainnya kepada bangsa Palestina," tegasnya.

Baca Juga: Hadiri Aksi di Monas, Menlu Retno Baca Puisi 'Palestina Saudaraku': Indonesiaku selalu Bersamamu

Eks Menko PMK tersebut menekankan bahwa bangsa Indonesia sejak zaman kepemimpinan Ir Soekarno hingga saat ini terus mendukung kemerdekaan Palestina.

"Di manapun kita berada, doa-doa dan perjuangan kita tetap harus kita berikan kepada rakyat dan bangsa palestina," seru Puan.

Sebagai informasi, Aksi Damai Bela Palestina hari ini digelar sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia.

Aksi tersebut berlangsung sejak pagi pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Selain Yaqut dan Puan, aksi tersebut juga turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Luar Nergeri Retno Marsudi,  Wakil Presiden ke-10 dan 11 RI Jusuf Kalla.

Terlihat hadir pula mantan ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Para tokoh yang hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monas tersebut tampak kompak mengenakan kemeja berwarna putih beserta syal Palestina sebagai bentuk dukungan.

Baca Juga: Din Syamsudin di Aksi Bela Palestina: Aspirasi Politik Pasangan Capres-Cawapres Ditahan Dulu



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x