Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Beber Alasan Ajak Ridwan Kamil ke IKN: Dia Arsitek, Bisa Koreksi kalau Ada yang Kurang Baik

Kompas.tv - 1 November 2023, 18:28 WIB
jokowi-beber-alasan-ajak-ridwan-kamil-ke-ikn-dia-arsitek-bisa-koreksi-kalau-ada-yang-kurang-baik
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang secara khusus mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Rabu (1/11/2023).

Jokowi menyebut alasan Ridwan Kamil tersebut dikarenakan pria yang lazim disapa RK itu merupakan arsitek ternama, sehingga bisa memberikan masukan soal desain IKN.

"Pak RK (Ridwan Kamil) itu adalah arsitek ternama yang memiliki desain-desain yang baik, yang kita tahu desainnya masjid di Jawa Barat, Padang, dan bangunan monumental lainnya," ujar Jokowi di IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu.

"Kami hanya ingin ajak untuk koreksi kalau ada hal yang kurang baik, utamanya berkaitan dengan arsitektur di Ibu Kota Nusantara," jelasnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara ini menyebut, sepanjang peninjauan di IKN hari ini, politikus Partai Golkar itu telah memberikan banyak masukan mengenai pembangunan infrastruktur kepada dirinya dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Banyak, langsung tadi ke Pak Basuki dan saya juga," kata Jokowi.


Baca Juga: Jokowi Targetkan Bandara IKN Berfungsi Penuh Desember 2024, tapi Sudah Bisa Digunakan Juni

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Jokowi memang mengundang secara khusus Ridwan Kamil ke IKN Nusantara pada Rabu ini.

Senada dengan Jokowi, Ari juga menyebut bahwa kehadiran Ridwan Kamil di IKN Nusantara dalam kapasitasnya sebagai arsitek.

"Pak Ridwan Kamil diundang khusus oleh Bapak Presiden untuk melihat langsung progres pembangunan IKN," ujar Ari dalam keterangannya, Rabu (1/11/).

"Karena Kang Emil adalah seorang arsitek, sehingga bisa (memberi) masukan sesuai keahlian beliau," lanjutnya.

Adapun Ridwan Kamil tampak hadir bersama Presiden Jokowi dalam beberapa kegiatan di IKN Nusantara pada Rabu.

Mantan Gubernur Jawa Barat tersebut terlihat mendampingi Jokowi saat mengecek desain infrastruktur yang sedang dibangun di IKN Nusantara.

Baca Juga: 'Groundbreaking' Tahap Kedua, Kapan Proyek Inti IKN Ditargetkan Selesai? Ini Kata Presiden Jokowi!

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x