Kompas TV nasional peristiwa

Panglima TNI Ingatkan KSAD Agus Subiyanto Lanjutkan Program Dudung soal Pemilu 2024

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 15:44 WIB
panglima-tni-ingatkan-ksad-agus-subiyanto-lanjutkan-program-dudung-soal-pemilu-2024
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto (kiri), Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (tengah), dan Jenderal TNI Dudung Abdurachman (kanan) berjabat tangan selepas upacara serah terima jabatan Kepala Staf TNI AD di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Jumat (27/10/2023). (Sumber: Genta Tenri Mawangi/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jenderal TNI Agus Subiyanto resmi menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) baru mengantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman usai upacara serah terima jabatan (sertijab) di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Jumat (27/10/2023).

Upacara ini dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Dia menyampaikan terima kasih kepada Jenderal Dudung Abdurachman atas jasanya selama menjabat KSAD.

Yudo pun meminta Jenderal Agus melanjutkan program-program yang telah dibuat Dudung.

"Kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk melanjutkan program-program kerja yang selama ini sudah dirancang, sudah disiapkan Jenderal Dudung sehingga nanti pada tahun 2024 TNI menghadapi pemilihan umum nanti TNI sudah siap," kata Yudo Margono kepada Agus Subiyanto.

Baca Juga: Profil Letjen Agus Subiyanto yang Dilantik Jadi KSAD, Pernah Jadi Komandan Paspampres Jokowi

Laksamana Yudo menegaskan, TNI harus netral agar pemilu di Indonesia berlangsung lancar, aman, dan sejuk. Pemilu sedianya akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo telah melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat di Istana Kepresidenan pada Rabu (25/10) lalu. Agus sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Staf TNI AD.

Agus pun mengaku berkomitmen melanjutkan program-program yang dibuat Dudung.


Ia mengatakan bahwa TNI AD punya program-program unggulan yang membantu program-program pemerintah seperti menanggulangi stunting.

"Mungkin sekarang kekurangan air. Sudah beribu-ribu titik kami mengebor air. Akhirnya masyarakat itu bisa menikmati air walaupun cuacanya seperti sekarang kemarau. Banyak juga program lain tentunya nanti akan saya lanjutkan," kata Agus.

Agus juga menegaskan bahwa TNI akan netral di Pemilu 2024. Ia pun meminta doa agar bisa mengemban jabatan KSAD dengan amanah.

"Tadi sudah disampaikan oleh Panglima kami sudah menegaskan kepada seluruh prajurit untuk netral, tidak memihak satu pasangan calon. Mohon doanya, mudah-mudahan saya bisa menjalankan tugas ini dengan amanah," kata Agus.

Baca Juga: Profil Letjen Agus Subiyanto yang Dilantik Jadi KSAD, Pernah Jadi Komandan Paspampres Jokowi



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x