Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi: Pemerintah Akan Bagikan BLT El Nino hingga Desember, 2 Kali Cair, Total Rp400 Ribu

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 07:50 WIB
jokowi-pemerintah-akan-bagikan-blt-el-nino-hingga-desember-2-kali-cair-total-rp400-ribu
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan peninjauan stok beras di Gudang Bulog Baru Rawang Timur, Padang, Sumatera Barat, Rabu (25/10/2023). (Sumber: BPMI Setpres/Rusman)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

PADANG, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah akan menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebesar dengan total Rp 400 ribu. 

Menurutnya, BLT El Nino tersebut akan diserahkan langsung kepada masyarakat pada November dan Desember 2023 senilai Rp400 ribu. Bantuan itu akan dicairkan pemerintah melalui dua tahapan yakni Rp200 ribu pada November, dan Rp200 ribu pada periode Desember.

"Karena ada super El Nino, jangan sampai mengurangi daya beli rakyat. Kita akan keluarkan BLT El Nino pada bulan November dan Desember. 200 ribu, 200 ribu, total 400 ribu," kata Jokowi saat kunjungannya ke Gudang Bulog Rawang Timur, Padang, Sumatera Barat, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: Hubungan Jokowi dan Megawati Diisukan Retak, Pramono Anung: Baik-Baik Saja

Selain itu, pemerintah juga akan membagikan bantuan pangan berupa beras mulai bulan September hingga Desember. 

Jokowi menjelaskan bantuan tersebut diberikan untuk menghadapi dampak potensial dari pergantian musim kemarau ke musim hujan. Dikhawatirkan badai El Nino dapat mengurangi daya beli masyarakat serta produksi beras.

Meski saat ini wilayah Sumatra dilaporkan masih surplus beras, Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya menjaga cadangan beras untuk menghadapi kemungkinan buruk dari badai tersebut.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Optimistis Menang Pilpres 2024 Meski Tanpa Dukungan Jokowi

"Sebenarnya di provinsi Sumbar ini kan surplus, tapi apapun, cadangan itu harus ada. Di gudang Bulog, cadangan banyak," ujar Jokowi.

Saat ini skema penyaluran BLT El Nino tengah disiapkan oleh pemerintah. 


Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Direktur Utama Bulog Budi Waseso, Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah, dan Wali Kota Padang Hendri Septa.

Baca Juga: Kata Peneliti Politik soal Kehadiran Relawan Jokowi di Acara Deklarasi PSI Dukung Prabowo-Gibran



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x