Kompas TV nasional rumah pemilu

Prabowo-Gibran akan Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Pagi Ini di RSPAD Gatot Soebroto

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 05:35 WIB
prabowo-gibran-akan-lakukan-pemeriksaan-kesehatan-pagi-ini-di-rspad-gatot-soebroto
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat menyampaikan pidato politik dalam deklarasi di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan hari ini, Kamis (26/10/2023).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menyatakan, pihaknya telah menjadwalkan pemeriksaan kesehatan terhadap Prabowo dan Gibran di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Kamis (26/10) pukul 07.00 WIB.

"Saya pikir besok itu Jumat, besok itu Kamis, jadi pemeriksaan dilakukan pada hari Kamis tanggal 26 Oktober 2023," kata Hasyim di Jakarta, Rabu (25/10), dikutip dari tayangan Breaking News KompasTV.

Tim dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, baik dari segi fisik maupun dari segi kejiwaan pasangan bacapres-bacawapres dari Koalisi Indonesia Maju itu.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk mengukur apakah pasangan calon mampu mengemban tugas sebagai presiden dan wakil presiden apabila terpilih dalam satu periode nantinya.

Baca Juga: FX Rudy Minta Gibran Mundur dari PDI-P Agar Megawati Tak Dinilai Bermain di 2 Kaki

Hasyim juga menyatakan, berkas pendaftaran Prabowo dan Gibran telah lengkap dan masuk ke tahap verifikasi. Selanjutnya, KPU akan memeriksa kebenaran dan keabsahan dokumen yang dikirimkan tersebut.

Sebelumnya, dua pasangan bacapres-bacawapres lainnya, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah melakukan pemeriksaan kesehatan yang digelar KPU.

Anies dan Muhaimin menjadi pasangan pertama yang melakukan tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada Sabtu (21/10). 


Setelah itu, Ganjar dan Mahfud melakukan pemeriksaan kesehatan di tempat yang sama pada Minggu (22/10).

Dua pasangan bacapres-bacawapres tersebut menjalankan pemeriksaan kesehatan sekitar 8 hingga 10 jam.

Baca Juga: Tanggapi Keraguan atas Pasangan Prabowo-Gibran, Luhut Sebut Teringat Jokowi yang Awalnya Diremehkan

Menurut Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letjen dr. Albertus Budi Sulistya, pemeriksaan kesehatan terhadap bacapres-bacawapres yang menjadi kontestan Pilpres 2024 itu meliputi pemeriksaan jasmani, rohani, dan bebas dari narkoba.

"Pemeriksaan ini intinya supaya bisa melaksanakan undang-undang yaitu bahwa capres dan wapres itu harus sehat jasmani, sehat rohani, dan bebas dari penggunaan narkoba," ujarnya dalam konferensi pers di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu (21/10).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x