Kompas TV nasional politik

Fokus Amran Sulaiman usai Dilantik Jadi Mentan: Tekan Impor agar Bisa Swasembada Pangan

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 15:28 WIB
fokus-amran-sulaiman-usai-dilantik-jadi-mentan-tekan-impor-agar-bisa-swasembada-pangan
Andi Amran Sulaiman saat diambil sumpahnya dalam pelantikan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju (KIM) untuk sisa masa jabatan 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (25/10/2023). Amran Sulaiman mengungkapkan fokus kerja dalam satu tahun masa jabatannya sebagai mentan. (Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Amran Sulaiman langsung menjalankan tugasnya sebagai Menteri Pertanian (Mentan) usai dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Rabu (25/10/2023).

Amran mengungkapkan fokus kerja dalam satu tahun masa jabatannya sebagai mentan adalah untuk  memperkuat produksi berbagai komoditas strategis seperti padi dan jagung.

Hal ini disampaikan Amran pada hari pertama berkantor di Kementerian Pertanian (Kementan).

"Satu tahun ini saya fokus pada produksi padi, jagung, dan kedelai. Kita menekan dulu impor agar bisa swasembada," kata Amran, Rabu.

Ia juga berujar semua program yang baik untuk kepentingan bangsa dan negara akan dilanjutkan.

Amran kemudian mencontohkan terkait waktu dirinya memimpin Kementan pada 2014-2019, di mana terdapat  program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani atau yang dikenal dengan Program Serasi.

"Semua program yang baik akan kami lanjutkan. Kita sudah pernah swasembada dan harus kita capai kembali,"  ujarnya. 

Disinggung terkait perubahan cuaca ektrem el nino yang saat ini tengah berlangsung,  Amran mengaku pernah melalui hal serupa pada tahun 2015 lalu.

Di mana saat itu, pihaknya dapat melewati El Nino produksi pertanian tetap tinggi.

“Kita sudah pernah melewati el nino dengan sangat baik. Jadi tahun ini kita hadapi juga dengan cara yang terbaik,” jelasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmi Lantik Amran Sulaiman Jadi Menteri Pertanian

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) di Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan 2019-2024, pada Rabu pagi (25/10).

Amran menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang sebelumnya mengundurkan diri karena terjerat kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian sumpah yang dikatakan Amran, mengikuti Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.”

Sejatinya Amran bukanlah wajah baru di Kementerian Pertanian.

Sebab ia juga pernah dilantik dalam jabatan yang sama dalam periode 2014-2019 alias di masa periode pertama Presiden Jokowi.  

Baca Juga: Profil Amran Sulaiman, Dilantik Lagi Jadi Menteri Pertanian, Gantikan SYL


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x